Ragam Musik Daerah

Ragam musik yaitu jenis atau macam-macam musik. Musik daerah adalah musik yang muncul di daerah, yang lahir dari budaya daerah setempat secara turun temurun dan diketahui keberadaannya. 
Ragam seni musik daerah atau nusantara sangat bermacam-macam, hal ini disebabkan adanya keanekaragaman budaya daerah setempat.
Tumbuhnya seni musik di daerah secar turun temurun serta diwariskan ke generasi berikutnya, baik secara lisan maupun tertulis serta lewat proses belajar mengajar secara formal pada sekolah-sekolah seni di Indonesia.
Musik daerah dikatakan hidup, apabila masyarakat maupun pecinta musik daerah masing-masing masihmenganggap, menggunakan, menghargai, dan melestarikan musik daerahnya.
Musik daerah lahir dari peristiwa adat atau kejadian didaerah tersebut. Banyak musik daerah yang lahir dari berbagai macam , antara lain : upacara adat, pewrisan daerah, dan peristiwa kedaerahan. Musik daerah juga merupakan musik tradisional yang memiliki ciri khas tradisional, yaitu asli, sederhana, dan terbuat dari bahan-bahan tradisional asal daerah itu.
Contoh alat musik tradisional adalah, gamelan, gambang, suling, angklung, siter, dan kentung dan masih banyak lagi yang lainnya.

2 komentar:

  1. musik INDONESIA itu kadang cuma kalah pamor.. kalau dinikmati dengan seksama, musik INDONESIA nggak kalah, justru kaya akan ragam..

    BalasHapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com