Alat Indera Pendengar

Setiap manusia memiliki indra pendengar yang biasa kita sebut telinga, telinga merupakan alat indra pendengar yang peka terhadap getaran bunyi atau suara, jika seorang anak terlahir dengan indra pendengaran yang tidak berfungsi, besar kemungkinan anak tersebut mengalami tuli dan bisu, ketika  sejak lahir tidak dapat mendengar apapun otomatis ia tidak dapat berbicara apapun karena ia belajar dari apa yang ia dengar.
Fungsi Telinga Secara Umum
Sebagai Pengatur Keseimbangan Tubuh, Pada organ telinga terdapat struktur terkhusus yang memiliki fungsi sebagai pengatur dan menjaga keseimbangan tubuh, telinga berhubungan dengan saraf-saraf otak yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan telinga ketika menangkap getaran suara.

Sebagai Alat Indra Pendengar, Organ telinga akan berfungsi sebagai alat indra pendengar ketika menangkap getaran gelombang suara yang masuk dari telinga bagian luar, setelah itu gelombang tersebut akan melalui beberapa proses tahapan, lalu diterima oleh otak dan direspon, barulah menjadi suara yang biasa kita dengar saat ini, proses tahapan tersebut terjadi di dalam telinga yang memiliki bagian-bagian dengan fungsinya masing-masing, berikut ini saya akan menjelaskan nya secara rinci.

Proses Pendengaran Pada Telinga
Manusia hanya mampu menangkap getaran gelombang suara berkisar mulai dari 20-20.000 Hz. Hal ini menyebabkan terjadinya impuls sensori, dan begitu seterusnya hingga memasuki pusat pendengaran yang terletak di otak besar, dengan begitu kita dapat mendengar dengan baik seperti biasa,  singkatnya dapat disusun seperti dibawah ini.
1. Getaran gelombang suara atau bunyi datang menuju telinga.
2. Setelah itu daun telinga menangkap getaran gelombang suara.
3. Kemudian menuju liang telinga, gendang telinga, martil, landasan, sanggurdi.
4. Lanjut ke tingkap jorong dan cairan limfe.
5. Setelah itu rumah siput bergetar dan merangsang bagian ujung saraf.
6. Lalu menuju Saraf Pendengaran hingga sampai di pusat pendengaran yaitu di otak besar.
7. Kemudian terjadi proses barulah terdengar bunyi.

2 komentar:

  1. hargailah nikmat yang satu ini. kerana jika tidak dapat mendengar, barangkali juga tidak dapat menuturkan kata-kata

    BalasHapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com