Memahami Serat Sebagai Bahan Kerajinan

Serat adalah suatu benda yang perbandingan panjang serta lebarnya besar, biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan benang.
Jenis-jenis Serat
Pada dasarnya serat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu serat alam dan serat buatan manusia.Brikut ini penjelasan tentang jenis-jenis serat:
  1. Serat Alam
    Serat alam adalah serat yang diperoleh dari alam. Pada dasarnya kain serat alam memiliki sifat hampir sama yaitu kuat, padat, mudah kusut dan tahan penyetrikaan. Secara sederhana serat alam adalah serat yang berasal dari alam yang dapat dimanfaatkan untuk membuat sesuatu.
    Serat alam dibedakan menjadi 3 kategori berdasarkan asal-usulnya.
    1. Serat tumbuhan
      Serat ini biasanya tersusun dari selulosa yang berasal dari tumbuhan. Contoh serat dari tumbuhan: Kapas, Kapuk, Goni (tangkai rami) , Sabut (dari daun kelapa), dan Pina (dari daun nanas).
    2. Serat Hewan
      Serat ini biasanya tersusun dari protein yang berasal dari hewan. Berikut ini contoh serat hewan: Wol, Sutra dan Bulu (asal hewan berbulu).
    3. Serat Mineral
      Serat ini tersusun dari silikat magnesium dan kalsium. Contoh serat mineral adalah serat yang berasal dari varietas batu.
  2. Serat Buatan manusia|Serat buatan manusia yaitu serat yang molekulnya disusun secara sengaja oleh manusia. Sifat-sifat umum dari serat buatan , yaitu kuat dan tahan gesekan. jadi yang dimaksud dengan serat yang dibuat manusia adalah serat yang dibuat manusia untuk dimnfaatkan sebagai bahan membuat sesuatu. Serat buatan dibedakan menjadi 3 kategori berdasarkan bahan bakunya yaitu sebagai berikut.
    1. Serat Polimer Alam
      Serat ini biasanya bersumber dari bahan katun atau kayu yang diperoleh dari alam. Berikut ini adalah contoh serat polimer alam: Rayon, Asetat, dan Tri Asetat sumber bahan katun atau kayu.
    2. Serat Polimer Sintesis
      Serat sintesis umumnya berasal dari bahan petrokimia. Contoh serat polimer sintesis: Nilon, Polister, Akrilik, Spandek dan Polikarbonat.
    3. Serat mineral
      Serat ini berbahan dasar anorganik. Contoh serat mineral: Kaca, keramik dan Grafit.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com