Penyakit Pada Organ Pencernaan Manusia

Penyakit Pada Organ Pencernaan Manusia - Gangguan pada organ pencernaan sebagian besar berhubungan erat dengan makanan dan cara makan yang tidak sehat seperti berikut ini:
  1. Memakan makanan secara berlebihan. Misalnya makanan yang terlalu pedas dan terlalu asam dapat menganggu kesehatan lambung dan usus. Makanan yang sulit diurai dapat menumpuk dibagian organ pencernaan tertent, misalnya biji cabai dan biji jambu batu (jambu klutuk)
  2. Pola makan yang tidak teratur dapat membuat organ pencernaan tidak bekerja dengan baik, misalnya sering terlambat makan.
  3. Menghancurkan mengunyah makanan secara tidak sempurna di dalam mulut sehingga memperberat kerja lambung.
  4. Mengolah makanan dan menggunakan alat makan yang tidak bersih sehingga kuman penyakit masuk ke dalam tubuh.


Penyakit yang menyerang organ pencernaan manusia antara lain diae, maag, radang usus buntu, dan tifus (peradangan pada usus).
  • Diare
    Diare disebut juga mencret. Penyakit ini digolongkan penyakit rngan, tetapi dapat menjadi berbahaya jika tidak mendapat perawatan yang serius dan benar.
    Diare terjadi jika penderita mengalami buang air besar yang encer dan terjadi lebih empat kali sehari. Penyakit ini mudah menyerang anak-anak.
    Banyak hal yang menyebabkan diare, antara lain mutu dan kebersihan makanan yang buruk, alergi terhadap makanan, dan terlalu banyak makan makanan yang asam dan pedas. Penyakit lain juga dapat mengakibatkan mencret, misalnya malaria, campak, cacingan dan infeksi usus.
  • Maag
    Maag adalah penyakit yang mengganggu dan usus 12 jari. Gejala maag antara lain:
    • Perut terasa perihdan mulas jika terlambat makan
    • Saat makan pun terasa sakit, kadang terasa mual, bahkan muntah.
    • Penyakit ini timbul karena adanya produksi asam klorida yang berlebihan dilambung. Sakit maag sering disebabkan oleh rasa lelah akibat kerja dan rasa tegang yang berlebihan. Penderita harus segeraa berobat ke dokter agar tidak menjadi parah.
  • Radang usus buntu
    Radang usus buntu merupakan penyakit serius yang sering menyerang. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan kotoran diusus buntu, yaitu dibagan umbai cacing. Akibatnya umbai cacing menyempit disertai infeksi oleh kuman. Gejala radang usus buntu antara lain:
    • perut bagian kanan bawah terasa sangat nyeri
    • perut terasa mual disertai muntah, kadang mencret, dan 
    • tubuh mengalami demam
      Penderita harus segera mendapat perawatan dokter. Pada keadaan yang lebih parah, penderita harus mengalami operasi pemotongan umbai cacing. Fungsi umbai cacing belum diketahui secara pasti. Orang yangdihilangkan umbai cacingnya tidak mengalami gangguan pada organ pencernaan yang lain.
  • Tipus
    Tipus adalah suatu penyakit peradangan pada usus. Penyakit ini dapat menular dengan cepat. Penyakit tipus timbul akibat kebersihan makanan dan minuman tidak terjaga dengan benar. Gejala yang dialami penderita tifus antara lain:
    • tubuh menggigil, lemah dan disertai mual
    • penderita dapat mengigau akibat demam tinggi, serta
    • punggung terasa sakit, kadang disertai mencret atau sembelit (sulit buang air besar)

2 komentar:

  1. Ada lagi yang bikin pencernaan terganggu, yaitu penyakit malu buang gas ditempat umum, padahal bahaya, bahaya bila nggak dikeluarin dan bahaya bila dikeluarin, apalagi dimuka orang, bahaya banget tuh cckk

    BalasHapus
  2. hehehhehe bener juga tuh... saya juga kadang jadi malu

    BalasHapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com