KONDUKTOR DAN ISOLATOR

KONDUKTOR DAN ISOLATOR - Berdasarkan kemampuannya menghantar panas, benda bisa dibagi menjadi dua macam, yakni konduktor dan isolator.
  1. Konduktor
    Konduktor adalah benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik. Jika terkena panas di salah satu bagian, konduktor dapat meneruskan panas ke bagian lainnya. Benda sehari-hari yang termasuk dalam konduktor adalah panci, sendok logam, setrika, dan wajan.
    Bagian pembuat konduktor adalah logam. Logam memiliki sifat yang keras dan penghantar panas yang baik. Logam banyak digunakan untuk membuat berbagai peralatan memasak atau elektronik. Dengan berasal dari api atau listrik dengan cepat. Contohnya, panas dari listrik dihantarkan oleh setrika ke pakaian atau panas dari api dihantarkan dari panci atau wajan ke air atau makanan yang dimasak.
  2. Isolator
    Isolator adalah benda yang tidak dapat menghantarkan panas dengan baik. Jika terkena panas di salah satu bagian, isolator tidak dapat atau lambat meneruskan panas ke bagian lainnya. Benda sehari-hari yang termasuk isolator adalah tembok, tanah, pensil, lilin, dan sebagainya. Bahan pembuat isolator:
    1. Kayu dan plastik
      Kayu dan plastik merupakan bahan yang lambat menghantarkan panas. Karena bersifat isolator, maka kayu dan plastik digunakan sebagai bahan untuk pegangan atau gagang, seperti wajan, setrika, tatakan gelas dan tatakan piring. Pegangan atau gagang benda yang terbuat dari isolator akan bisa dipegang langsung tanpa melukai tangan.
    2. Kertas
      Kertas memiliki sifat sulit atau lambat menghantarkan panas. Sifat isolator panas dimanfaatkan antara lain untuk membuat gelas kertas. Kertas tersebut dilapisi bahan yang tidak menyerap air, yaitu plastik. Gelas kertas yang diisi minuman panas akan bisa dipegang langsung oleh tangan tanpa membuat kita panas.
    3. Kain (Bahan sandang)
      Kain tidak bisa menghantarkan panas dengan baik. Oleh karena itu, kain sering digunakan untuk membuat cempal, yaitu pelindung tangan saat mengangkat panci atau penggorengan panas. Panas dari panci akan ditahan oleh kain sehingga tidak berpindah ke tangan.

1 komentar:

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com