Pengertian Ekosistem dan Macamnya

Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya. Ada dua jenis eksistem, yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. Ilmu biologi yang khuus mempelajari ekosistem disebut ekologi. Ekosistem dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Ekosistem alami, adalah ekosistem yang terbentuk secara alami, tanpa ada campur tangan manusia. Contoh ekosistem alami adalah, terumbu karang dilaut, sungai dan hutan.
  2. Ekosistem buatan, adalah ekosistem yang dibuat oleh manusia. Contoh ekosistem buatan adalah, sawah, waduk, dan akuarium.
Dalam ekosistem selalu ada produsen dan konsumen.
Produsen adalah mahluk hidup penghasil makanan bagi makhluk hidup lainnya. Contoh tumbuhan.
Konsumen adalah mahluk hidup yang memperoleh makanan dari produsen. Contoh hewan dan manusia.
Dilihat dari susunan dan fungsinya, suatu ekosistem tersusun atas komponen sebagai berikut:
  • Autotrof adalah organisme (mahluk hidup) yang mampu menydiakan makanan sendiri. Komponen autotrof berfungsi sebagai produsen, contohnya tumbuhan hijau.
  • Heterotrof adalah organisme (makhluk hidup) yang memanfaatkan bahan-bahan organik sebagai makanan dan bahan tersebut disediakan oleh organisme lain. Komponen heterotrof berfungsi sebagai konsumen, contohnya hewan dan manusia.
  • Lingkungan tak hidup, dalah tempat berlangsungnya kehidupan yang meliputi benda-benda mati, yakni sungai, tanah, udara dan batu.
  • Pengurai, adalah organisme (mahluk hidup) yng menguraikan bahan organik yang berasal dari organisme mati. Contohnya jamur dan bakteri. 
Keseimbangan ekosistem adalah 

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com