PERALATAN YANG MENGGUNAKAN BAHAN KONDUKTOR DAN ISOLATOR

Beberapa benda sehari-hari terbuat dari konduktor dan isolator sekaligus. Contoh benda-benda yang menggunakan bahan konduktor dan isolator adalah sebagai berikut:
  1. Setrika
    Setrika merupakan bahan konduktor, yakni logam pada bagian bawah dasarnya. Karena terbuat dari bahan konduktor, setrika bisa menghantarkan panas dari sumber panas, yaitu listrik, kepakaian yang sedang isetrika. Sementara itu, gagang setrika terbuat dari bahan isolator, misalnya kayu, sehingga gagang setrika tidak akan terasa panas ketika strika dipegang. 
  2. Solder
    Solder merupakan alat llistrik yang digunakan dalam pembuatan alat-alat elektronik. Komponen-komponen kecil elektronik dihubungkan satu sama lain dengan menggunakan solder. Ganang solder terbuat dari bahan isolator, sedangkan batang utama solder terbuat dari bahan konduktor. Setelah solder dihubungkan dengan sumber listrik, batang utama solder yang panas di tempelkan ke sepotong timah hingga meleleh. Lelehan timah ini digunakan untuk melekatkan komponen elektronik yang sedang di rakit atau yang putus.
  3. Alat Masak
    Alat masak seperti wajan atau sendok penggorengan terbuat dari logam, terutama alumunium, dengan kayu atau plastik untuk gaganngnya.


2 komentar:

  1. Dengan mengetahui perbedaan konduktor dan isolator kita tdk takut lagi kena sengatan listrik jika suatu saat ada yang bocor tegangannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah manfaat salah satu nya gan, makasih dah mampir mas dwi

      Hapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com