Jenis Penyakit Tulang

Penyakit Tulang - Penyakit tulang ini dibagi menjadi 3 jenis, yakni Osteoporosis, TBC Tulang dan Rematik.
  1. Osteoporosis (tulang keropos). Penyakit ini menyebabkan tulang mudah retak atau patah. Penyakit Osteoporosis disebabkan oleh tubuh kekurangan zat kapur (kalsium). Untuk mencegah Osteoporosis, konsumsi makanan yang banyak mengandung Vitamin D dan Kalsium, seperti ikan dan susu.
  2. TBC Tulang
    Kuman tuberkolosis (TBC) dapat pula menyerang tulang. Tulang dapat menjadi lemah hingga bernanah. Agar dapat terhindar dari penyakit TBC tulang ini, kita harus tingal ditempat yang bersih, tidak lembab, dan cukup mendapat sinar matahari, ventilasi udara juga harus sebaik mungkin.
  3. Rematik
    Penyakt rematik ini menyebabkan rasa nyerpi pada persendian, terutama dipergelangan tangan, kaki dan siku. Penderita Rematik harus segera mendapat perawatan dokter.

SIKAP TUBUH YANG BENAR
Sikap tubuh harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan tulang. Sikap tubuh yang salah dan dilakukan terus menerus dalam waktu yang lama, berdampak buruk terhadap rangka tubuh kita. Bagian rangka yang paling sering terkena gangguan karena sikap tubuh tidak benar adalah tulang belakang (tulang punggung). Beberapa gangguan pada tulang tulang belakang dapat diuraikan sebagai berikut:
  • Lordosis, adalah tulang punggung terlalu bengkok ke depan
  • Kifosis, adalah tulang punggung terlalu bengkok ke belakang.
  • Skoliosis, adalah tulang punggung terlalu bengkok ke kiri atau ke kanan.
Itulah tiga jenis gangguan tulang belakang yang setiap saat bisa menyerang kita kapan saja, apabila kita tidak hati-hati dalam menjaga atau mengatur posisi duduk terutama. Semoga artikel ini bermanfaat, terutama untuk para pekerja kantor yang sering banyak duduk dikantor.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com