Pertumbuhan dan Perkembagan Hewan

Pola pertumbuhan dan perkembangan antara spesies memiliki tahapan-tahapan, yang meliputi pembelahan (cleavage), morfogenesis, differensiasi, dan pertumbuhan.

  1. Pembelahan (Cleavage)
    Selama tahap ini zigot yang merupakan hasil peleburan inti sperma dan telur mengalami pembelahan mitosis.
    Zigot yang semula berupa sebuah inti sel terbelah secara mitosis. Lalu muncullah alur memanjang secara membujur melalui kutub telur sehingga telur menjadi 2 belahan. Sekita satu jam setelah pembelahan pertama, sehingga membentuk  4 buah sel. 4 sel tersebut membelah lagi secara membujur sehingga terbentuk 8 sel. 8 sel terbelah menjadi 16, kemudian terbgi lagi menjadi 32 sel. Proses pembelahan ini terus berlangsung sampai terbentuk kumpulan sel yang menyerupai bah murbei disebut morula.
    Sepanjan gproses pembelahan, kelompok sel yang disebut sel-sel kutub hewan membelah lbih cepat dibandingkan kelompok sel-sel kutub tumbuhan. Maka sel-sel hewan terlihat lebih banyak dan lebih kecil. Selama roses ini terjadi sedikit perpindahan sel-sel kutup hewan. Kemudian berbentuk rongga beiri cairan yaitu blastoseoel. Tahap ini disebut blastulayang dicirikan kumpulan bola sel berongga.
  2. Morfogenesis
    Setelah tahap blastula, pembelahan sel tetap berlanjut. Bagian kutub sel-sel hewan terus membelah secar mitosis. Saat jumlah sel semakin bertambah kemudian terjadi pemindahan sel kebagian kuning tlur kutub. Pada saat bersamaan sebagian sel-sel kutub juga mulai berpindah, sehingga sel-sel tersebut terdorong ke masa sel, sehingga terbntuk lekukan berbentuk sabit yang disebut blastopor. Proses ini menandakan dimulainya tahap gastrula, prosesnya disebut gasrulasi. Selama proses ini terjadi pembentukan tiga lapis sel, yaitu ektoderm (lapisan luar), mesoderm (lapisan tengah) dan endoderm (lapisan dalam).Dari ketiga lapisan ini berkembanglah berbagai organ dan sistem organ hewan. Pada proses gastrulasi ini terjadi pemantapan pola daar embrio. Sel-sel berkumpul pada lokasi tertentu dlam mempersiapkan pembentukan jaringan, organ, dan sistem organ. Proses pembentukan ini melibatkan juga proses perpindahan sel dan pemupukan sel pada ketiga lapisan sel tersebut. Perkembangan pola inilah yag disebut morfogenesis. Namun sel-sel embrio selama proses morfogenesis semuanya agak serupa dalam strukturnya.
  3. Differensiasi
    Pada proses ini sel-sel embrio yang sedang berkembang mulai membentuk struktur dan fungsi khusus yang akan dimiliki pada saat dewasa, seperti sel-sel saraf, sel-sel otot, dan sebagainya. Proses inilah yang disebut differensiasi.
  4. Pertumbuhan
    Tahap ini terjadi setelah seluruh sistem organ hewan terbentuk. Selama tahap ini organisme menjadi besar karena berlangsungnya proses pembelahan sel atau pembesaran sel atau kedua-duanya.

5 komentar:

  1. sebuah proses kehidupan hewan yang telah dianugerahkan-Nya kepada mahluknya melalui step by step pertumbuhan dan perkembangannya

    BalasHapus
  2. ngomongin sel telur jadi inget sesuatu nih hihu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuatu nya yang mana ya mas Intan Sudibjo! Hehehe jangan ngeres yah!

      Hapus
  3. saya nyimak dulu,.?
    ini measti saya pelajarin,
    penting nie baget nit,.
    palagi yg sukak membudidayakan hewan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, silahkan di simak, makasih kunjungannya

      Hapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com