Gerak Benda Padat

Hampir setiap saat kita bergerak. Ketika mau makan kita bergerak. Adanya gerakan menandakan adanya kehidupan. Misalnya makhluk hidup yang kita jumpai. Bagaimana hewan itu melakukan gerakan? Hewan bergerak dengan kakinya. Sekarang coba kamu gerakkkan kedua kaki kamu. Kaki di gunakan untuk berjalan. Yaitu pindah tempat satu ke tempat lain. Lalu bagaimana dengan benda mati? Benda mati tidak dapat bergerak sendiri. Benda mati dapat bergerak jika digerakkan.
Benda bergerak mengalami perubahan kedudukan.
Misalnya bola yang memantul ke tembok dan menggelinding. Misalnya lagi ketika kamu naik mobil. Kamu dapat melihat
pohon di tepi jalan bergerak. Benarkah pohon dapat bergerak? Bagaimana cara pohon bisa bergerak? Sebenarnya semua
yang ada di sekitar kita bergerak. Pernahkah kamu menjatuhkan batu ke dalam air? Pernahkah kamu
menjatuhkan batu ke dalam lumpur. Benda mana yang lebih cepat bergerak? Benda jatuh ke dalam air lebih cepat
bergerak. Benda jatuh di lumpur lebih lambat bergerak. Marilah kita pelajari beberapa macam gerak.
Kamu tentu dapat menemukan benda yang bergerak. Mobil dan sepeda dapat bergerak. Mobil dan motor bergerak karena dikendarai.

Jenis-jenis Gerak
Apakah kamu mempunyai bola? Bagaimana bola dapat bergerak? Mengapa bola dapat bergerak? Bola bergerak karena dilempar atau ditendang. Setelah dilempar bola menggelinding. Menggelinding adalah jenis gerak. Berikut akan dijelaskan tentang beberapa bentuk gerak.
Jika digerakkan, benda akan bergerak. Misalnya benda bergerak karena didorong. Jika kamu memiliki bola kasti, bagaimana cara menggerakkannya? Menggerakkannya bisa dengan dilempar. Benda yang semula diam akan bergerak. Bergerak karena ditendang atau dilempar. Ada dua benda memiliki berat dan bentuk berbeda. Jika didorong dengan dorongan yang sama, akan
menghasilkan gerak yang berbeda.
Gerak Benda Padat
Jika digerakkan, benda akan bergerak. Misalnya benda bergerak karena didorong. Jika kamu memiliki bola
kasti, bagaimana cara menggerakkannya? Menggerakkannya bisa dengan dilempar. Benda yang semula diam akan bergerak. Bergerak karena ditendang atau dilempar. Ada dua benda memiliki berat dan bentuk berbeda. Jika didorong dengan dorongan yang sama, akan menghasilkan gerak yang berbeda.
  1. Menggelinding
    Menggelinding merupakan gerak berputar sambil berpindah. Benda yang menggelinding berbentuk bulat dan bundar. Contoh benda bulat misalnya bola. Bola yang dilempar akan menggelinding. Benda bundar, misalnya roda mobil. Roda mobil berputar ketika berjalan. Amati mobil yang bergerak. Mobil bergerak karena memiliki roda. Perhatikan tugas di atas. Kelereng diletakkan pada tempat miring. Kelereng dapat bergerak maju. Gerakan menggelinding dapat kamu amati setiap hari. Misalnya gerakan roda mobil dan kelereng.
  2. Gerak Berputar
    Gerak berputar mirip dengan mengelinding. Benda berputar tidak dapat pindah tempat. Gerakan berputar memiliki poros. Poros berada di tengah-tengah benda. Benda bergerak memiliki lintasan gerak. Lintasan geraknya seperti bentuk lingkaran. Misalnya balingbaling helikopter. Atau jarum jam, dan kipas angin.
  3. Gerak Memantul
    Memantul adalah gerak benda setelah bertumbukan. Memantul karena tumbukan dua benda keras. Jika bertumbukan benda dapat berbalik arah. Benda yang memantul bentuknya bulat. Misalnya bola voli dan bola tenis.
    Mula-mula bola dijatuhkan dari atas. Setelah menumbuk lantai bola memantul ke atas. Namun tinggi pantulan tidak sama ketika akan dijatuhkan. Pantulan akan berhenti setelah benda tidak bergerak. Gerak memantul dapat terjadi di tempat yang datar dan tegak. Perhatikan bagaimana bola yang dilemparkan ke dinding. Bola berbalik arah setelah mengenai dinding.
  4. Gerak Jatuh
    Jatuh merupakan gerak dari atas menuju bawah. Misalnya gerakan kelapa jatuh dari pohon. Gerak jatuh disebabkan gaya tarik bumi. Jika benda yang jatuh itu berat, maka akan semakin cepat jatuh ke tanah. Benda ringan lebih lambat jatuh ke tanah. Misalnya menjatuhkan kertas. Penahkah kamu membandingkan gerak jatuh antara batu dan kertas?
    Batu amat cepat jatuh ke tanah. Sedangkan kertas lebih lambat. Mengapa kertas lebih lambat jatuh ke tanah? Sebelum jatuh di lantai, kertas melayang-layang di udara.

8 komentar:

  1. mengingatkan saya waktu masih di bangku sekolah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, ini materi anak SD/MI barang kali para ortu membutuhkan

      Hapus
  2. Jadi ingat masa dulu
    Masih duduk di bangku
    Mendengar kata guru

    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mba ini mmang pelajaran utk SD/MI, utk anak-aak kita

      Hapus
  3. cocok buat kponakan saya nantinya :D

    BalasHapus
  4. Saya udah kelas XII sma mas, tapi mungkin untuk adik saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah msih sekolah to, hebat yah masih sekolah kelas XII sudah pintar ngeblog

      Hapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com