Tumbuhan Menjalar

Ada fakta menarik bahwa ternyata semua tumbuhan menjalar yang membelit menjalari tumbuhan penopangnya dalam arah yang sama, yaitu berlawanan arah dengan putaran jarum jam, dari manapun dimulainya. Tumbuhan menjalar yang disebut Hedge Convolvulus, adalah sejenis tumbuhan pagar yang seringkali dijumpai diberbagai daerah di Inggris dan Skotlandia. Meski berbunga indah, tanaman menjalar ini sering dianggap hama oleh para petani maupun tukang kebun, karena akar-akarnya panjang, rapat dan sangat makan ruang sehingga menanduskan tanah. Batang-batangnya menjalari semua tanaman yang ada disekitarnya, sehingga bersifat sangat merusak.
Akan tetapi tidak semua tumbuhan menjalar ini merusak.
Seandainya seorang tukang mnguraikan lilitan batang tanaman menjalar dan melilitkannya kembali kearah sebaliknya (Searah putaran jarum jam), sedemikian hingga tumbuhan menjalar ini tidak dapat membebaskan diri untuk membenahi lilitannya, maka tumbuhan ini akan segera mati.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com