Tumbuhan Jelatang

Keluarga jelatang terbagi menjadi kurang lebih 45 spesies berbeda seperti tumbuhan herba, semak belukar, dan beberapa tumbuhan menjalar, yang terutama tumbuh dikawasan tropis. Banyak spesies, seperti misalnya Utrica atau jelatang berduri memiliki duri-duri tajam pada batang dan daun-daunnya. Bentuk daunnya beragam dan getahnya hampir seencer air. Bunga-bunga kecil kehijau-hijauan seringkali menumbuhkan tandan-tandan pada daun. 
Baik bunga-bunga jantan maupun betina dapat tumbuh pada tumbuhan yang sama. Benang-benang sari yang melingkar pada bunga jantan akan melurus dengan sangat cepat ketika bunga terbuka dan mengeluarkan serbuk-serbuk sari. Buah berbiji tunggal yang kering seringkali tertutup oleh gelungan luar dari tandan bunga pada pohon buah itu. Jelatang mati, demikian sejenis jelatang disebut, karena kebanyakan dari mereka memiliki daun-daun sperti halnya jelatang-jelatang berduri, tetapi mereka tidak memiliki duri. Ciri utama dari keluarga besar jelatang ini adalah batang bersegi, daun yang terbalik dan kumpulan bunga yang tidak teratur.

3 komentar:

  1. biasanya tumbuhan jelatang ini bisa kita jumpai banyak di pedesaan ya mas, saya baru tahu tumbuhan ini

    BalasHapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com