Gerak Benda Cair

Gerak Benda. Benda hanyut di air dikatakan bergerak. Benda tersebut bergerak karena arus air. Arah air selalu bergerak dari tempat tinggi. Air mengalir menuju tempat yang lebih rendah. Gerakan yang dilakukan air disebut mengalir. Mengapa air menuju tempat yang lebih rendah?
Lihatlah ketika kamu menuangkan air. Air bergerak ke bawah Benda yang ringan lebih mudah bergerak. Benda
yang berat lebih susah bergerak. Bentuk permukaan benda dapat mempengaruhi gerak. Misalnya ketika naik sepeda motor. Ban yang satu berisi angin. Sedangkan yang lain kempes. Ban yang berisi angin mudah bergerak. Sedangkan ban kempes lebih susah bergerak. Luas permukaan benda dapat mempengaruhi gerak. Hal itu dibuktikan dengan membandingkan gerak jatuh pada kertas. Yaitu kertas yang diremas-remas dengan lembaran kertas. Kedua kertas sama beratnya, kertas yang diremas lebih cepat jatuh ke lantai.
Hal-hal yang Mempengaruhi Gerak Benda
Samakah gerak bola voli dengan bola kasti? Jatuhkan kedua bola dari papan miring. Apa yang terjadi pada kedua bola? Bandingkan gerak kedua bola tersebut. Bandingkan gerak kerikil dan kelereng! Kerikil dan kelereng dibuat sama berat. Bandingkan pula bola voli dengan bola kasti. Kedua bentuk benda adalah sama. Kamu dapat membandingkan gerakan yang dihasilkan oleh papan yang miring. Dua papan miring yang permukaannya sama.
Beberapa hal yang mempengaruhi gerak
1. Bentuk benda
2. Permukaan benda, halus kasarnya benda.
3. Berat dan ringan benda.
4. Luas permukaan pada benda.

2 komentar:

  1. jadiingat waktu saya sekolah dulu di MI...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehh ya bu ida, semoga ini bisa membantu para orang tua dalammencari Materi IPA Kelas III SD/MI

      Hapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com