Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Pertumbuhan tanaman sering didefinisikn sebagai pertambahan ukuran, berat dan jumlah sel.
Untuk mengetahui pertambahan tinggi tanaman digunakan alat yang disebut busur tumbuh atau auksanometer.
Perkembangan tanaman dapat dilihat dari proses pmbentukan jaringan dan organ-organ tanamn, setiap individu tanaman mempunyai bentuk morfologi yang khas. Organ yang paling terbntuk adalah akar, baru kemudian batang dan daunnya.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Faktor luar:
  1. Makanan
    Makanan terdiri dari unsur yang diperlukan tumbuhan dalam jumlah besar, dan dlm jumlah yg sedikit. Unsur yang diperlukan dalam besar disebut makroelemen. Yang termasuk dalam makroelemen adalah karbon, oksigen, nitrogen, sulfur, fosfor, kalium, kalsium dan magnesium. Sedangkan unsur yang diperlukan dalam jumlah yag sedikit disebut mikroelemn. Yag termasuk dalam mikroelemen antara lain besi, mangan, klorin, tembaga, seng, boron dan nikel.
  2. Air
    Air berfungsi untuk fotosintesis , membantu proses reaksi kimia, menjaga kelembabab, dan membantu perkecambahan biji.
  3. Suhu
    Untuk proses tumbuh dan berkembang, tumbuhan memerlukan suhu yang sesuai. Suhu terebut disebut optimum. Suhu paling rendah yang masih memungkinkan pertumbuhan disebut disebut suhu minimum. Sedangkan suhu yang paling tinggi yg masih memungkinkan pertumbuhan disebut suhu maksimum.
  4. Cahaya
    Banyak sedikitnya klorofil, pembentukan tunas, masa berbunga atau berbuah, dan kemampuan membentuk dan menyimpan makanan sangat tergantung pada sinar matahari. Jadi jika ingin menanam tanaman atau buah seperti buah pepaya kalifornia yang sedang ramai saat ini, sebaiknya sinar mataharinya cukup agar buahnya bayak.
  5. Kelembaban
    Pada kondisi kelembaban tinggi, umumnya pertumbuhan tanaman lebih cepat. Namun kelembaban yang rendah diperlukan beberapa tumbuhan tersebut berbunga pada musim kemarau. Contoh tanaman yang memiliki kelembaban rendah adalah tanaman sirih merah. Tanaman sirih merah ini hanya memerlukan sinar matahari 25%. Jika terlalu bayak matahari malah akan mati.
Faktor dari dalam (internal)
Faktor dari dalam yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan adalah gen dan hormon.
  1. Gen
    Gen merupakan faktor pembawaan sifat mahluk hidup. Gen berfungsi mengatur metabolisme dan perkembangan maupun pertumbuhan organisme.
  2. Hormon
    Beberapa hormon tumbuhan yaitu:
    1. Auksin, berfungsi merangsan perpanjangan sel, memperbesar dan merangsang pembentukan bunga dan buah, memperpanjag titik pertumbuhan akar, batang dan daun. Auksin dihasilkan oleh sel-sel yg tumbuh atau berkembang. 
    2. Giberlin, berfungsi memacu pertumbuhan batang, merangsang perkembangan biji dan tunas, merangsang pertumbuhan bunga.
    3. Sitokinin, berfungis memacu pembeahan sel dan pembentukan organ, menunda penuaan, memcu perkembangan kuncup samping, dan memacu pembesaran sel pda kotiledon dikotil.
    4. Kalin, dapat merangsang pertumbuhan organ-organ:
      1. Rizokalin : memacu pertumbuhan akar.
      2. Kaulakalin : memacu pertumbuhan batang.
      3. Filakalin : memacu pertumbuhan daun
      4. Antakokilin : memacu pertumbuhan bunga.
    5. Asam traumalin, memacu pertumbuhan di daerah yang luka pada tumbuhan.
    6. Asam absisat, merupakan zat penghambat tumbuh (penyebab dormansi).
    7. Etilen, adalah gas dan uap yang dihasilkan oleh buah yang sudah tua. Berperan mempercepat pematangan buah, merangsang pembungaan, merangsang penuaan dan pengguguran daun.

4 komentar:

  1. jadi inget masa muda kala masih remaja duduk di SMP, pelajaran biologi inilah bikin saya dapet beasiswa...hahay

    BalasHapus
  2. lahan kosong mulai menyusut, perkembangan tumbuhan pun mulai terganggu, kalau sudah tau faktor yang mempengaruhi perkembangan tumbuhan, bisa dengan mudah menanam tumbuhan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang masih bantyak lahannya di luar jawa ya gan

      Hapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com