Jenis-jenis Ikan Berdasarkan Tulangnya

Ikan, seperti semua mahluk yang hidup ribuan tahun yag lalu, mengalami banyak perubahan pada perkembangannya. Ada berbagai jenis ikan yang hidup di lautan sebelum manusia benar-benar hidup dibumi.
Di dunia sekarang ini terdapat berbagai spesies ikan yang jumlahnya lebih banyak dari spesies hewan bertulang belakang lainnya.
Tercatat sekitar empat puluh ribu jenis ikan yang berbeda hidup diberbagai tempat mulai dari sungai-sungai dan kolam-kolam dipegunungan sampai ke kedalaman samudra.
Secara umum ikan dibagi menjadi 3 jenis, ikan bertulang rawan seperti hiu dan ikan pari. Jens yang kedua ikan bertulang, yang memiliki keeragka tulang lengkap dan ditutupi oleh sisik-sisik. Ikan dari jenis ini paling banyak kita temui dan jumlahnya mencapai 90 persen dari keseluruhan ikan di dunia. Jenis ikan terakhir adalah ikan berparu-paru.
Jenis ikan ini istimewa karena memiliki dua alat pernafasan, yaitu ingsang dan paru-paru.
Ikan Salmon.
Ikan salmon berkembang biak di perairan yang jernih meskipun mereka lebih banyak menghabiskan hidupnya disungai-sungai dn lautan. Untuk berkembang biak mereka selalu kembali ke tempat dimana mereka ditetaskan. Salmon bahkan dapat melompati air terjun untuk mencapai temapt bertelur mereka.
Sumber: Buku Set Sains, Environment, Technology & Society Page: 132

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com