Metamorfosis Amfibi

Siklus Hidup Amfibi
Kebanyakan amfibi meletakkan telur mereka di dalam air. Telur-telur itu dilindungi oleh lapisan-lapisan jelly tebal yang dapat melindungi mereka dari pemangsa. Di dalam telur-telur inilah tumbuh berudu. Setelah telur yang ditempatinya menetas, berudu itu berenang keluar, dengan menggunakan ekornya yang panjang, dan bernafas melalui insang. Ketika berudu tumbuh menjadi kecebong, tumbuh pula kaki-kaki depan mereka untuk selanjutnya tumbuh kaki-kaki belakangnya. Kemudian paru-paru tumbuh, sehingga kecebong-kecebong itu dapat bernafas ketika menyembulkan kepalanya diatas permukaan air. Secara bertahap ekor mereka memendek sampai kecebong itu berubah bentuk seperti katak dewasa.
Katak Pohon
Katak-katak pohon hidup di hutan hujan Amerika Selatan dan menggunakan kolam-kolam air ditengah-tengah tetumbuhan tropis sebagai habitatnya. Meskipun katak-katak itu dapat berenang, mereka lebih banyak menghabiskan hidupnya di luar air, di atas daun-daun pepohonan dimana terdapt begitu banyak serangga untuk dimakan. Katak jenis ini memiliki jari-jari kaki yang lengket yag memungkinkan mereka untuk memanjat pohon.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com