Bentuk dan Fungsi Insang Pada Ikan

Ikan dapat bernafas di dalam air karena merekam memiliki organ khusus bernama insang. Insang-insang yang ikan miliki berbentuk potongan daging seperti serbet dan terletak pada kedua sisi kepala ikan. Insang-insang ini mengandung pembuluh darah-pembuluh darah kecildi dlamnya. Air masuk ke dalam mulut ikan dan mengalir ke dalam insang. Filamen-filamen pada insang menarik masuk oksigen (denga cara menyerapnya) dari air untuk kemudian diserap oleh darah ikan.
Dengan cara inilah insang-insang itu berfungsi layaknya paru-paru pada hwan lainnya. Jika air telah terkontaminasi, maka ikan akan mencari  oksigen dari sumber lain. Misalnya dengan cara berenang ke permukaan air, memunculkan kepalanya ke permukaan air dan menghirup oksigen langsung dari udara. Dengan demikian insang-insang ikan dapat memperoleh oksigen baik oksigen yng dikandung oleh air maupun dari udara langsung.
Ikan dapat mengendus bebauan, namun mereka tidak menggunakan insang mereka untuk melakukannya. Mereka memiliki sepasaang lubang kecil pada kepala mereka yang berfungsi sebagai organ-organ penciuman. Indra penciuman ikan lebih baik dibandingkan hewan lain. Hiu misalnya, bergantung pada indra penciuman merek yang tajam untuk memburu dan menangkap mangsanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com