Sumber Energi Listrik

Tahukah kamu, apa yang dinamakan energi listrik? Coba kamu gosok-gosokkan penggaris plastik pada rambutmu. Kemudian dekatkan penggaris itu pada sobekan-sobekan kertas. Apa yang terjadi? Ya, sobekan-sobekan kertas itu ternyata menempel di penggaris itu. Pada peristiwa ini menunjukkan adanya gejala kelistrikan. Gejala kelistrikan ini bersifat sementara. Oleh karena itu sesaat kemudian sobekan-sobekan kertas itu akan terlepas dari penggaris. Gejala kelistrikan lain yaitu saat kamu membuka bungkus permen, terkadang bungkus permen tersebut menempel di tangan. Dua contoh di atas menunjukkan terjadinya gejala kelistrikan. Lalu mengapa kertas dapat menempel pada penggaris dan bungkus permen menempel di tangan?
Hal tersebut terjadi karena masing-masing benda memiliki muatan listrik. 
  1. Sumber Energi Listrik dan Perpindahannya Coba perhatikan kipas angin yang dapat berputar, solder yang menjadi panas, dan lampu yang menyala di malam hari! Dari manakah sumber energinya? Benar, energi yang diperoleh berasal dari energi listrik. Coba bukalah lampu senter yang ada di rumahmu. Apa yang terdapat dalam kotak lampu senter tersebut? Ya, ada baterai, kabel, saklar, dan lampu. Baterai berperan sebagai sumber energi pada lampu senter. Sumber energi merupakan benda-benda yang dapat menghasilkan energi. Energi listrik mengalir atau berpindah dari baterai ke lampu senter.
    Bagaimana kita mengetahui bahwa energi listrik dapat berpindah atau mengalir dari baterai ke lampu?
    Lampu dapat menyala ketika ujung-ujung kabel terhubung pada masing-masing kutub baterai. Namun saat salah satu kabel dilepas dari salah satu kutub baterai, lampu tidak dapat menyala. Hal ini menunjukkan bahwa energi listrik dapat berpindah atau mengalir apabila ada penghubung. Penghubung di sini adalah yaitu kawat atau kabel listrik yang terbuat dari tembaga (bahan konduktor). Selain baterai, adakah sumber energi listrik lainnya? Ya, contoh sumber energi listrik lainnya adalah aki. Aki biasa digunakan pada kendaraan bermotor. Dinamo sepeda merupakan sumber energi listrik untuk menyalakan lampu sepeda. Coba kamu cari sumber energi listrik lainnya? Sumber energi listrik yang dipakai di rumah diperoleh dari pusat pembangkit listrik. Energi listrik yang dihasilkan pembangkit listrik sangat besar
    sehingga mampu mencukupi kebutuhan energi listrik seluruh masyarakat.
    Pembangkit energi listrik ada beberapa macam, antara lain PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap), PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir), dan pembangkit listrik tenaga surya atau matahari.
  2. Perubahan Energi Listrik
    Energi listrik dapat diubah menjadi energi lain. Energi listrik baru dapat dimanfaatkan jika telah berubah menjadi bentuk energi lainnya. Contohnya lampu mengubah energi listrik menjadi energi cahaya, kipas mengubah energi listrik menjadi energi gerak, dan televisi mengubah energi listrik menjadi energi cahaya dan bunyi.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com