Pengaruh Gaya Benda Terhadap Gerak Benda

Coba bandingkan saat kamu meregangkan karet ketapel dengan kuat dan dengan lemah. Apakah yang akan terjadi dengan batu kerikil yang digunakan sebagai peluru? Saat kamu meregangkan karet ketapel dengan kuat berarti kamu telah memberikan gaya yang besar. Ini menyebabkan batu kerikil sebagai peluru akan terlempar jauh. Dan sebaliknya ketika kamu meregangkan karet ketapel dengan lemah berarti kamu memberikan gaya yang kecil. Oleh karena itu batu kerikil terlempar dengan jarak yang dekat. Jadi besar kecilnya gaya yang kamu berikan pada karet ketapel memengaruhi besar kecilnya gaya yang diterima batu kerikil dan menyebabkan jauh dekatnya lemparan batu kerikil. Semakin besar gaya yang kamu berikan pada karet ketapel, semakin besar gaya yang diberikan pada batu kerikil maka semakin jauh batu kerikil terlempar.
Seperti yang telah dijelaskan di depan, bahwa kamu tidak dapat mendorong dinding tembok sehingga dinding tersebut bergerak. Meskipun kamu telah memberikan gaya pada dinding tembok tersebut. Jadi tidak selamanya gaya yang yang kita berikan menyebabkan benda bergerak.
Pada saat kamu naik sepeda, coba hentikan sepedamu! Apakah yang harus kamu lakukan? Ya, kamu perlu mengerem sepedamu. Rem sepeda memperlambat gerak sepeda dan akhirnya menghentikannya. Saat kamu mengerem sepedamu berarti kamu memberikan gaya pada sepedamu. Gaya ini telah memperlambat gerak sepeda. Apakah gaya juga dapat mengubah arah gerak benda? Saat naik sepeda dan melalui jalanan yang berbelok, apakah yang kamu lakukan? Kamu perlu mengubah arah sepedamu untuk berbelok mengikuti jalan yang berbelok. Pada kasus ini kamu memberikan gaya yang menyebabkan berubahnya arah gerak benda.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com