Tumbuhan pemakan serangga

Tumbuhan pemakan serangga - Biasanya, tumbuhan menjadi mangsa bagi hewan. Tumbuhan dimakan hewan untuk memenuhi kebutuhan pangannya. Namun, ada jenis tumbuhan yang memangsa hewan. Tumbuhan apakah ini? Tumbuhan pemakan serangga antara lain kantung semar dan venus.
Tumbuhan tersebut memakan serangga sebagai sumber makanannya. Terutama kebutuhannya akan nitrogen. Tumbuhan ini menjebak serangga untuk dijadikan sumber makanan. Bagaimana caranya?
Tumbuhan kantung semar dilengkapi dengan daun penjebak mangsanya. Kantung semar memiliki daun berbentuk piala.
Bagian dalam piala mengeluarkan nektar. Nektar adalah cairan manis bahan pembuat madu. Nektar dapat memikat serangga untuk datang. Serangga akan hinggap pada dinding piala yang licin. Serangga akan jatuh ke dalam cairan di dalam daun. Lama kelamaan serangga akan mati dan dicerna dalam bentuk cairan. Cairan yang mengandung nitrogen akan diserap oleh tumbuhan itu.
Bagaimana dengan tumbuhan venus? Bagaimana tumbuhan ini menjebak serangga? Daun venus mempunyai bulu dan engsel. Daun itu terbuka menunggu serangga yang datang. Ketika serangga menyentuh bulu-bulu daun, kedua bagian daun akan mengatup dengan cepat. Venus akan mencerna serangga lalu menyerap nitrogen dari serangga tersebut.
Bagaimana jika tidak ada serangga yang dijebak? Tumbuhan pemakan serangga mampu melakukan fotosintesis. Dengan demikian, mereka tidak perlu khawatir akan kekurangan pangan.
Itulah artikel saya mengenai Tumbuhan pemakan serangga, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com