Pengawet yang Paling Aman Digunakan

Makanan seperti daging, ikan, telur, sayur maupun buah-buahan tidak dapat bertahan pada suhu kamar. Masa simpan makanan tersebut dapat diperpanjang jika disimpan dalam suhu rendah, dikeringkan atau diberi bahan tambahan makanan. Bahan  tambahan makanan yang dapat memperpanjang masa simpan dari makanan dinamakan dengan pengawet.  Jenis Pengawet itu ada dua, yakni pengawet alami dan pengawet buatan. 
Pengawet Alami
Pengawet yang paling aman digunakan adalah pengawet alamiah seperti gula,, garam dapur, dan asam jawa. Asam benzoat secara alami terdapat dalam rempah-rempah seperti cengkih dan kayu manis yang digunakan sebagai pengawet minuman buah, sari apel, acar, dan sambal tomat.
Pengawet Buatan
Pengawet buatan bersifat antimikroba (menghambat pertumbuhan mikroba). Pengawet ini ada berbagai macam, antara lain benzoat, propianat, sulfit, garam nitrit, sorbat dan asam asetat.
Pada saat ini masih ditemukan produsen yang menggunakan pengawet makanan yang dilarang oleh pemerintah. Pengawet yang dilarang pemerintah akan tetapi masih digunakan oleh banyak orang adalah Boraks dan Formalin.
Mengapa produsen makanan memilih boraks dan formalin untuk mengawetkan makanan? 

2 komentar:

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com