Konduktor dan Isolator serta penggunaannya

A.Konduktor dan Isolator
Setelah kamu amati gambar 5.1, terpikirkah olehmu mengapa badan setrika arang terbuat dari logam dan pegangan terbuat dari kayu? Mengapa badan setrika listrik terbuat dari plastik dan pegangan terbuat dari plastik?
Benda-benda yang dapat menghantarkan panas disebut konduktor panas. Benda-benda yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator.
Nah, bagian mana yang disebut konduktor? Bagian mana yang disebut isolator?
Bagian-bagian setrika arang dan listrik tadi terdiri dari bahan konduktor dan isolator. Badan setrika arang merupakan konduktor. Logam merupakan konduktor panas yang baik. Badan setrika listrik terbuat dari plastik.
Bagian bawah kedua setrika tersebut terbuat dari logam. Logam bagian bawah setrika dapat menghantarkan panas yang dihasilkan bara di dalam setrika atau panas yang dihasilkan listrik. Panas itulah yang digunakan
untuk menghaluskan pakaian.
Pegangan setrika terbuat dari kayu dan plastik. Kayu dan plastik merupakan isolator panas dan listrik. Benda-benda yang memiliki sifat isolator tidak dapat menghantarkan panas dan listrik. Itulah sebabnya tangan
kita tidak akan tersengat panas bara atau listrik saat menyetrika.
Benda mempunyai kemampuan menghantarkan panas yang berbedabeda.
Meskipun beberapa benda termasuk konduktor, ternyata ada yang memiliki kemampuan menghantarkan panas lebih baik. Terbukti ada kacang tanah dari batangan yang lebih dahulu jatuh karena mentega lebih  cepat meleleh. Jadi, batangan yang menjatuhkan kacang tanah paling  cepat adalah konduktor yang lebih baik.

B. Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator
Kamu sudah tahu, bahwa panas dapat berpindah dari satu tempat ke  tempat lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Ingat kembali, apa  yang dimaksud dengan konduksi, konveksi, dan radiasi? Pikirkan bersama  dalam kelompok kecil!
Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator. Benda apakah itu? Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat ini.
Bagaimana cara kerja selimut?
Selimut memerangkap udara. Udara adalah isolator sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu.
Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat.
Terbuat dari apakah panci? Panci terbuat dari bahan logam, misalnya  alumunium. Alumunium merupakan penghantar panas yang baik. Panci akan menghantarkan panas ke makanan yang dimasak. Pegangan panci terbuat dari plastik. Plastik merupakan isolator sehingga kamu tidak akan kepanasan ketika memegangnya.
Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin yang ideal. Mesin juga memerlukan energi listrik sehingga perlu bahan
konduktor sebagai penghantar listrik.
Dari uraian di atas, kamu sudah tahu mana bahan yang bersifat konduktor dan isolator. Selain setrika, selimut, dan panci, tentu kamu dengan mudah menjumpai penggunaan benda yang bersifat konduktor dan isolator.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com