Suhu, Susunan dan Massa Matahari

Matahari merupakan bintang yang jaraknya paling dekat dengan bumi kita. Matahari dikelilingi oleh planet-planet dan benda langit. Matahari memancarkan sinarnya sampai ke permukaan bumi, pada siang hari cahaya matahari terasa sangat panas.
Suhu, Susunan dan Massa Matahari

  1. Suhu permukaan Matahari kira-kira 6.000 derajat selsius. Itulah sebabnya permukaan matahari menyilaukan kita. makin ke l;apisan dalam suhunya bertambah tinggi. Dipusat matahari suhunya mencapai 18 juta derajat selsius. Suhu pada matahari tidak merata.
  2. Grafitasi matahari cukup kuat untuk mengikat gas, sehingga tidak tersebar. Kekuatan grafitasi ini juga untuk menekan pusat nuklir sehingga tidak terjadi ledakan.
  3. Sebagian besar tubuh matahari terdiri dari gas hidrogen. Selain itu jufa ada gas helium, sedikit zat lemas, oksigen, dan unsur berat sepertri besi dan nikel. Dipusat matahari setiap detik 600 juta hidrogen dibakar menjadi helium melalui reaksi nuklir. Matahari seolah-oleh tidak pernah kehabisan tenaga.
  4. Massa matahari kira-kira 1.989 x 10 33g. Seperti diketahui bahwa matahari sangat besar. Garis tengahnya kira-kira 1.400.000 km. Jarak matahari dari bumi sangat jauh, mkurang lebih 150 juta kilo meter (400 x jarak dari bumi ke bulan).
  5. Para ahli memperkirakan umur matahari sekarang sekitar 4.600 juta tahun. Dengan jumlah hidrogen yang dimilikinya. Matahari masih akan melangsungkan pembakaran nuklir dipusatnya seperti sekarang selama 5.000 juta tahun lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com