Bentuk-bentuk Energi

Energi atau tenaga ialah kemampuan sesuatu untuk menghasilkan. Nyala api di bawah ketel membuat air menjadi uap dan tekanan uap itu mengangkat tutup ketel. Pekerjaan itu disebut energi. Waktu angin ribut sebatang pohon roboh mengenai bangunan, itu juga disebut energi.
Bentuk energi bermacam-macam
  1. EnerginKinetik
    Benda-benda yang bergerak memiliki energi. Energi yang dimiliki oleh benda ynag bergerak disebut energi kinetik/gerak. Misalnya, angin yang berhenbus dan air yang mengalir memiliki energi gerak (kinetik)
  2. Energ panas
    Benda yang terbakar menimbulkan panas. Panas juga disebut kalor. Panas merupakan bentuk energi. Lilin yang menyala dapat memutar kertas spiral yang bergantung diatasnya. Lilin yang menyala memiliki energi panas.
  3. Energi Cahaya
    Kapas yang diletakan dibawah lensa cembung yang terkena sinar matahari dapat terbakar karena cahaya matahari yang dikumpulkan oleh lensa cembung dapat memanaskan kapas sampai terbakar.
  4. Energi Listrik
    Energi yang dihasilkan oleh arus listrik dan mampu menjalankan motor listrik. Misal, lampu listrik, kipas angin, setrika listrik, pompa air listrik, dan sebagainya.
  5. Energi Bunyi
    Bunyi diperoleh dari getaran. Bunyi kuat dihasilkan dari getaran yang kuat. Bunyi halilintar, petasan, dan bom adalah bunyi yang kuat yang menghasilkan energi yang besar, bunyi kuat dapat memekakan telinga. menggetarkan dan memecahkan kaca jendela. Energi yang ditimbulkan oleh bunyi disebut energi bunyi.
  6. Energi Potensial
    Energi yang tersimpan dalam suatu benda disebut energi potensial. Ketapel yang terenggang mempunyai energi yang tersimpan. Energi ini sewaktu-waktu dapat dilepaskan. Per yang terenggang mempunyai energi. Busur anak panah yang terenggang memiliki energi. Energi ini disebut energi potensial pegas.
  7. Energi Kimia
    Tenaga yang tersimpan dalam bahan kimia disebut energi kimia. Energi kimia terdapat dalam berbagai bahan kimia, seperti aki, baterai, bahan bakar, dan makanan.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com