Perubahan Yang Ditimbulkan Oleh Panas

Ada dua macam perubahan yang ditimbulkan oleh panas, yaitu:

  1. Perubahan tetap
    Sehelai kertas  bila dipanaskna akan terbakar. Kertas berubah menjadi abu. Abu bila didinginkan tidak dapat menjadi kertas kembali. Perubahan yang terjadi pada kertas bersifat tetap.
  2. Perubahan sementara
    Sepotong kawat bila dipanaskan mula-mula berpijar merah, lama kelamaan berubah menjadi putih dan panjangnya akan bertambah.
    Bila didinginkan suhunya kembali seperti semula dan panjangnya juga kembali seperti semula. Perubahan yang terjadi pada kawat bersifat sementara.
Perubahan Wujud
Air mempunyai tiga wujud, yaitu cair, es (padat), dan uap (gas). Partikel-partikel air dalam wujud es lebih kecil gerakannya. Bila es menjadi hangat, es akan mencair, artinya partikel-partikel es akan memperoleh energi untuk memperbesar gerakannya, sehingga jarak partikel lebih renggang dan menjadi air.
Apabila air dipanasi, partikel-partikelnya memperoleh energi untuk bergerak lebih kuat lagi. Beberapa partikel segera merenggang dan berubah menjadi gas.
Ketika air mendidih partikel-partikel yang telah mempunyai cukup energi untuk meninggalkan bentuk cair, maka akan berubah menjadi bentuk uap atau bentuk gas.
Partikel-partikel air membutuhkan ruang lebih banyak jika dibandingkan dengan air. Partikel-partikel ini bertebangan diudara. Bila bertemu dengan sesuatu yang dingin akan berubah kembali menjadi cair.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com