Alat Indera Pendengar (telinga) dan bagian-bagiannya

Kita dapat mendengar suara radio, suara musik, dan suara kicau burung karena kita mempunyai alat pendengar yaitu telinga. Telinga terdiri dari tiga bagian, yakni telinga bagian luar, telinga bagian tengah, dan telinga bagian dalam.
  1. Telinga bagian luar
    Telinga bagian luar berguna untuk menangkap bunyi. Pada bagian ini terdapat daun telinga, lubang telinga, kelenjar minyak, dan selaput gendang.
  2. Telinga bagian tengah
    Telinga bagian tengah berguna untuk menghantarkan bunyi. Pada bagian ini terdapat tulang martil, tulang landasan dan tulang sanggurdi. Pada bagian ini juga terdapat saluran Eustachius, yaitu saluran yang menghubungkan antara telinga dengan mulut.
    Dendang telinga menangkap getaranan suara untuk diteruskan ke tulang-tulang pendengaran. Tulang pendengaran menerima getaran untuk diteruskan ke telinga dalam.
  3. Telinga bagian dalam
    Telinga bagian dalam berguna untuk mendengarkan bunyi. Pada bagian ini terdapat tingkap ikut bergetjorong, tingkap bundar, aluran saluan setengah lingkaran, dan rumah siput . Di dalam rumah siput ada cairan limfa.
    Getaran dari telinga tengah diterima tingkap jorong dan rumah siput. Cairan pada rumah siput ikut bergetar. Getaran rumah siput merangsang ujung-ujung saraf untuk diteruskan ke otak, sehingga kita dapat mendengar.
Agar telinga kita tetap sehat dan berfungsi dengan baik, maka ikuti langkah-langkah dibawah ini:
  1. Kalau ada suara atau bunyi yang terlalu keras, cepat-cepat kita tutup lubang telinga kita.
  2. Tidak membersihkan telinga dengan alat-alat yang dapat merobek selaput gendang, terutama alat-alat yang runcing atau keras.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com