Peristiwa Alam Yang Merugikan Manusia

Ada beberapa peristiwa alam yang merugikan manusia. Pada umumnya peristiiwa-peristiwa alam tersebut berupa bencana. Berikut ini beberapa bencana alam yang terjadi di Indonesia:
  1. Banjir dan kekeringan
    Dengan hanya memiliki dua musim, bukan berarti kita terbebas dari bencana alam. Kecerobohan dalam memenfaatkan alam, dapat mendatangkan bencana. Bencana yang sering terjadi melanda negara kita ini adalah banjir dan tanah longsor pada musim hujan serta kekeringan pada musim kemarau.
    Banjir merupakan salah satu peristiwa alam yang sering terjadi di Indonesia. Jakara adalah kota di Indonesia yang sering dilanda banjir. Apa itu banjir? Banjir adalah gejala alam yang terjadi pada saat musim hujan. Banjir adalah keadaan terlalu banyak air di sebuah lokasi. Terdapat dua jenis banjir, yaitu banjir biasa dan banjir bandang. Banjir biasa adalah banjir dimana permukaan air secara perlahan naik akibat hujan yang turun cukup deras. Banjir bandang adalah lebih berbahaya karena datangnya tiba-tiba dengan kecepatan tinggi yang dapat menghancurkan. Banjir bandang dapat disebabkan hujan sangat deras yang terjadi di hulu sungai atau bndungan yang jebol.
    Faktor alam yang menyebabkan terjadinya banjir andalah hujan deras terus menerus dalam beberapa hari, debit air sungai yang tinggi karena hujan terus menerus, permukaan tanah lebih rendah dari daerah seitarnya, dan permukaan tanah yang lebih rendah dari permukaan laut yang sedang pasang.
  2. Letusan Gunung Berapi
    Jumlah gunung berapi di Indoensia sangat banyak. Diperkirakan mencapai 130 buah gunung berapi. Mengapa Indonesia memiliki begitu banyak gunung berapi? Hal ini disebabkan wilayah Indonesia terdapat pertemuan berbagai lempeng bumi. Pada pertemua lempeng bumi terjadi lipatan dan patahan sehingga terbentuk retakan. Pada retakan itu eluarlah magma. Magma adalah zat liat dan sangat panas yang muncul ke permukaan bumi.
  3. Gempa Bumi
    Apakah kamu pernah melihat berita tentang bencana gempa bumi yang melanda suatu daerah? Atau bahkan kamu pernah merasakan getaran bumi  di daerahmu walau terasa kecil. Sebenarnya gempa bumi adalah peristiwa bergetarnya bumi akibat pelepasan energi di dalam bumi secra tiba-tiba yang ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi. pengumpulan energi penyebab terjadinya gempa bumi dihasilkan dari pergerakan lempeng-lempeng tektonik. Energi yang dihasilkan dipancarkan ke segala arah berupa gelombang gempa bumi sehingga efeknya dapat dirasakan sampai ke permukaan bumi,
  4. Kebakaran hutan
    Fenomena kebakaran hutan sering terjadi di Indonesia. Kebakaran hutan dapat terjadi dengan sendirinya atau karena ulah manusia. Penyebab alami kebakaran hutan misalnya karena gesekan dahan pohon yang mengering pada musim kemarau. Akan tetapi, kebakaran pada umumnya disebabkan oleh pembakaran hutan untuk lahan pertanian.
    Dengan dalih membuka lahan pertanian, para petani ramai-ramai membuka hutan. Pepohonan ditebangi dan dibakar untuk mempermudah pembersihannya. Jika hal ini dilakukan musim kemrau, kemungkinan api akan menjalar. Kebakaran hutan akan semakin sulit diatasi apabila melanda daerah yang banyak mennyimpan sisa kayu di dalam tanah. Api yang bertahan berminggu-minggu dibawah tanah akan menjadi besar jika tertiup angin.
  5. Tanah longsor
    Tanah longsor adalah perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan, tanah, atau material campuran tersebut yang bergerak kebawah atau keluar lereng. Adapun faktor penyebab tanah longsor adalah :
    1. Hujan
    2. Lereng terjal
    3. Tanah yang kurang padat dan tebal
    4. Batuan yang kurang kuat
    5. Jenis tata lahan
    6. Getaran
    7. Adanya beban tambahan
    8. Pengikisan atau erosi
    9. Adanya material timbunan pada tebing
    10. Bekas longsoran lama
    11. Penggundulan hutan
    12. Daerah pembuangan sampah
  6. Badai
    Angin yang sangat kencang sangat merugikan manusia. Orang biasa menyebut angin  kencang dengan sebutan badai. Sebenarnya, badai adalah peristiwa cuaca yang memiliki tanda angin kencang, terjadinya hujan yang deras, serta biasanya disertai dengan kilat atau halilintar. adai ada juga yang mendefinisakan udara yang bergerak dengan cepat dari satu tempat ke tempat yang lain.  Badai memiliki banyak nama, tergantung sifatnya dan dimana ia terjadi. Bila yang bergerak hanyalah udara kita menyebut angi badai. Bla ia membawa debu, ia disebut badai debu, Jenis badai lain adalah badai hantu. Pada dasarnya badai ini adalah badai tornado biasa, tetapi ia tidak terlihat.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com