Jenis-jenis Sumber Daya Alam

Alam sekitar kita menyediaka bahan-bahan yang disebut sumber daya alam, yang bermanfaat bagi kebutuhan hidup manusia. Hutan, lautan dan hasil tambang merupakan contoh sumber daya alam yang penting bagi manusia.
Jenis-jenis Sumber Daya Alam
  1. Berdasarkan jenis  bendanya, sumber daya alam dapat dikelompokan mnjadi dua golongan, yaitu :
    1. Sumbar daya alam hayati, contoh sumber daya alam hayati adalah  manusia, hewan, tumbuhan dan air.
    2. Sumber daya alam non hayati, misalnya bahan tambang dan bahan galian.
  2. Berdasarkan kelestariannya, sumber daya alam dibagi menjadi dua, yaitu:
    1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui, artinya sumber daya alam itu tidak akan habis walau digunakan secara terus menerus, karena dapat diusahakan agar selalu tersedia. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui yaitu tumbuhan, hewan, tanah, air dan udara.
    2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, adalah sumber daya alam yang bila digunakan secara terus menerus akan habis, sedangkan manusia tidak dapat membuatnya atau memperbaharuinya. Mineral termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Mineral adalah suatu barang tambang yang bukan berasal dari tumbuhan. Contoh bahan tambang mineral adalah, emas, perak, besi, tembaga, timah, nikel, alumunium, intan, belerang, dan yodium. Batu bara dan minyak bumi tidak termasuk mineral, karena berasal dari binatang dan tumbuhan renik yang telah mati dan tertimbun tanah berjuta-juta tahun yang lalu.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com