Mengenal Peristiwa Alam

Sebenarnya apakah yang dimaksd dengan peristiwa alam itu? Peristiwa alam adalah peristwa yang terjadi karena pengaruh yang ditimbulkan oleh alam itu sendiri. Amatilah sekitarmu dan tentukan peristiwa alam yang sedang terjadi! Kamu bisa saja merasakan atau melihat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya adalah cuaca yang panas atau dingin. Namun ada juga peristiwa alam yang tidak selalu terjadi, bisa satu tahun sekali, dua tahun sekali, bahkan ada yang 73 tahun sekali yaitu terlihatnya meteor halley.
Jenis Peristiwa Alam
Peristiwa alam dapat bersifat merugikan danmembahayakan. Akan tetapi, dapat pula tidak membahayakan. Contih peristiwa alam yang membahayakan adalah banjir, gunung meletus, gempa bumi, angin topan, dan tanah longsor. Peristiwa alam yang tidak membahayakan, misalnya pergantian musim, terbentuknya embun, dan pelangi.
Peristiwa alam yang tidak merugikan manusia

  1. Pergantian musim
    Indonesia mengalami dua kali pergantian musim, yakni musim kemarau dan musim hujan. Musim kemarau di Indonesia terjadi akibat bertiupnya angin musim tenggara. Angin ini berasal dari Benua Australia yang kering. Angin yang bertiup dari Benua Australia tidak banyak membawa uap air laut yang dilaluinya. Musim kemarau di Indonesia berlangsung pada bulan April-Oktober.
    musim hujan di Indonesia terjadi ketika bertiup angin musim barat laut. Angin ini banyak membawa uap air dari Samudra Hindia. Musim hujan di Indonesia pada umumnya terjadi pada bulan Oktober-April. Meskipun demikian, bulan-bulan musim hujan maupun kemarau sering bergeser. Adakalanya musim kemarau lebih panjang dan pada tahun berikutnya musim hujan yang lebih panjang. Hal ini disebabkan suhu permukaan di lautan pasifik. Antara musim hijan dan musim kemarau, biasanya kondisi atmosfer tidak menentu. Kondisi ini disebut musim pancaroba. Pergantian musim terjadi sekitar bulan Oktober dan April. Musim pancaroba pada umumnya berlangsung satu hingga dua bulan.
  2. Terbentuknya Embun
    Terbentuknya embun merupakan bagian dari peristiwa alam. Embun terbentuk ketika udara yang berada di dekat permukaan tanah menjadi dingin. Kelebihan uap air berubah menjadi embun di atas benda-benda di dekat tanah. Embun terbentuk dengan baik pada malam hari yang cerah. Embun juga terbentuk dengan baik ketika kelembaban tinggi.
  3. Terbentuknya Pelangi
    Fenomena alam ini biasanya muncul setelah terjadi hujan. Bentuk pelangi sangat ndah sehingga banyak menjadi inspirasi terciptanya berbagai cerita. Apabila dilihat dari segi ilmu, pembentukan elangi sangat sederhana. Pelangi hanya merupakan cahaya. Ketika dibiaskan cahaya akan berubah arah. Tetesan air hujan dapat membiaskan dan menyebarkan cahaya sehingga terbentuk pelangi.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com