Menghadapi Bencana Alam

Wilayah Indonesia rawan terhadap bencana alam. Oleh karena itu bangsa Indonesia harus menyiapkan langkah-langkah untuk menghadapi berbagai bencana alam yang terjadi di Indonesia. Setiap bencana memiliki karakter yang berbeda-beda. Oleh karena itu, langkah antisipatif harus disesuaikan dengan karakter bencana agar lebih efektif.
Bencana alammerupakan peristiwa alam yang berdampak buruk bagi daerah yang dilanda maupun daerah sekitarnya. Berdasarkan cakupan wilayah yang terkena imbas bencana maka bencana dapadt dibedakan menjadi beberapa lokal, bencana regional, dan bencana nasional. Berikut penjelasannya.
  1. Bencana Lokal adalah  bencana yang terjadi didalam lingkup lokal dan tidak menimbulkan kerugian yang besar. Penanggulangan bencana ini diatasi oleh lingkup lokal kelurahan atau kecamatan saja. Contohnya banjir di sebuah desa atau kecamatan.
  2. Bencana regional adalah bencana yang mengakibatkan  kerugian cukup besar, tetapi belum masuk kategori bencana nasional. Penanggulangan bencana ini diatasi oleh pemerintah lingkup kabupaten, kota atau provinsi.
  3. Bencana nasional adalah bencana yang mengakibatkan kerugian dan berdampak besar terhadap kehidupan negara. Dalam kategori bencana nasional, pemerintah pusat memegang kendali dalam upaya penanggulangannya.
Beberapa bencana memiliki tanda-tand yang bisa diketahui agar masyarakat lebih bisa mewaspadai terjadinya bencana. Setiap bencana memiliki karakteristik yang berbeda-beda. 
Demikian tadi artikel mengenai jenis-jenis bencana yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. bencana alam dimana gie, gmn kali citanduy bantar ngluap ora mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ora mas, tenang baen! aja kewatir! Hahahahah... Ngapak banget koh!

      Hapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com