Pengertian GEN dan DNA

Gen adalah unit pewarisan sifat. Gen merupakan perpanjangan dari DNA. Gen akan diwariskan oleh individu kepada keturunannya. DNA membawa gen. DNA adalah molekul yang sangat panjang namun, sangat tipis. Bentuknya bagaikan tangga berputar dan anak tangannya terdiri atas kode-kode sederhana yang hanya terbuat ari empat huruf , yakni A (Adenin), C (Cytosin), G (Guanin), dan T (Timin) huruf-huruf tersebut mewakili bahan kimia di tiap tangga. Sebuah gen merupakan potongan DNA yang mengandung urutan huruf tertentu.
Kromosom membawa DNA. DNA harus muat di tempat yang sangat sempit, oleh karena itu perlu cara khusus dalam menyimpannya. Molekul DNA menggulung hingga membentuk benang, struktur benang tersebut menggulung lagi hingga berbentuk struktur benang yang lebih padat, begitu seterusnya (mirip seperti serat-serat tali yang dililit padat untuk membentuk tali tambang). Hasil akhirnya adalah gumpalan padat menyerupai huruf X yang disebut kromosom.

Kromosom berukuran sangat kecil sehingga tidak terlihat oleh mata telanjang - diperlukan setidaknya 100.000 kromosom untuk memenuhi sebuah tanda titik. Meskipun demikian, tiap kromosom mengandung DNA sepanjang 2 meter.
Sel membawa kromosom, setiap sel di tubuh manusia mengandung 1 set kromosom, yang terdiri atas  46 kromosom di dalam inti sel. Ke-46 kromosom tersebut mengandung semua gen yang dimiliki manusia. Jadi, di dalam tubuh manusia terdapat semua gen yang dimilikinya.
Jika seluruh gulungan DNA dari setiap kromosom tubuh diluruskan dan disambung satu per satu, panjang DNA dapat mencapai Matahari pulang pergi sebanyak 400 kali. Meskipun demikian, semua informasi di dalam DNA dapat disimpan di dalam 1 keping CD.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com