Alat Indra Manusia



Alat indra adalah alat tubuh yang berguna untuk mengetahui keadaan luar tubuh. Alat indra ada lima, yaitu mata, telinga, hidung, lidah dan kulit.
Pada setiap alat indra terdapat saraf. Saraf akan menerima rangsang dari luar tubuh. Kemudian, saraf mengirim rangsang ke otak. Saraf rangsang diterima otak dengan baik, maka kita dapat melihat, mendengar, membau, mengecap dan meraba.

  1. Indra ppengelihatan (Mata)
    Mata adalah indra pengelihatan. Mata dilindungi oleh alis mata, kelopak mata, dn bulu mata. Mata peka terhadap rangsang berupa cahaya.
  2. Indra Pendengar (Telinga)
    Telinga sebagai indra  pendengar peka terhadap rangsang bunyi. Pada telinga juga terdapat alat keseimbangan tubuh.

    Bagian-bagian telinga:
    1. Telinga luar, berfungsi untuk menangkap suara. Pada bagian ini terdapat daun telinga, lubang telinga, kelenjar minyak, dan slaput gendang.
    2. Telinga tengah berfungsi untuk mnghantarkan bunyi.
    3. Telinga dalam terdiri dari tiga saluran setengah lingkaran, rumah siput, dan tingkap jorong. Fungsinya sebagai alat keseimbangan tubuh.
  3. Indra pengecap (Lidah)
    Lidh adalah indra pengecap yang peka terhadap rangsang rasa. Lidah berfungsi mengenali rasa makanan, seperti manis, asin, asam, pahit.
    Bagian-bagian lidah :
    :idah terletak di dalam mulut. Permukaan lidah kasar karena penuh bintil-bintil yang disebut papilia. Pada bintil-bintil papilia terdapat saraf pengecap. Saraf pengecap inilah yang membedakan berbagai rasa masakan atau makanan yang masuk ke dalam mulut kita.
  4. Indra Pembau (Hidung)
    Hidung berfungsi sebagai indra pembau dan sebagai jalan pernafasan. Hidung peka terhadap bau dan zat kimia berupa gas.
    Bagian-bagian hidung:
    Bagian hidung yang sangat sensitif adalah bagian atas (didalam) rongga hidung. Hidung juga merupakan pintu masuk udara pernafasan ke dalam tubuh. Di dalam pintu masuk rongga hidung (bagian depan) terdapat rambut halus dan selaput lendir yang berguna untuk menyaring kotoran dari udara yang kita hirup.
  5. Indra peraba (kulit)
    Seluruh tubuh kita dilapisi oleh kulit. Kulit berfungsi sebagai indra peraba. Dengan kulit, kita dapat membedakan permukaan kasar dan permukaan halus. Demikian pula, kita dapat membedakan benda panas dan benda dingin. Kulit juga berfungsi sebagai pelindung tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com