Organ Dalam Mata



Bagian-bagian mata yang erat hubungannya dengan fungsi penglihatan adalah:

  1. Kornea
    Merupakan bagian terluar dari bola mata yang menerima cahaya dari sumber cahaya. Fungsi utama kornea adalah meneruskan cahaya yang masuk ke mata. Kornea mata orang yang sudah meninggal dapat disumbangkan untuk menyembuhkan orang lain dari kebutaan.
  2. Pupil dan Iris
    Dari kornea, cahaya akan ditruskan ke pupil. Pupil menentukan kuantits cahaya yang masuk ke bagian mata yang lebih dalam. Pupil mata akan melebar jika kondisi ruangan gelap kan menyempit jika kondisi ruangan  terang. Lebar pupil dipengaruhi oleh iris di sekelilingnya. Iris berfungsi sebagai difragma. Iris terlihat sebagai bagian yang berwarna pada mata.
  3. Lensa
    Lensa mata menerima cahaya dari pupil dan meneruskannya kepada retina. Fungsi lensa mata untuk mengatur fokus cahaya sehingga cahaya jatuh tepat pada bintik kuning retina. Untuk melihat objek yang jauh (cahaya datang dari jauh), lensa mata akan menipis. Sementara itu, untuk melihat objek yang dekat (cahaya datang dari dekat), lensa mata akan menebal. Fungsi lensa mata adalah memfokuskan dan meneruskan cahaya yang masuk ke mata agar jatuh tepat pada retina.
  4. Badan Bening
    Fungsi badan bening ialah meneruskan cahaya yang telah melewati lensa. Cahaya itu selanjutnya disampaikan ke retina.
  5. Retina
    Retina adalah bagian mata yang paling peka terhadap cahaya, khususnya bagian retina yang disebut bintik kuning. Setelah melalui retina, cahaya diteruskan ke saraf optik. Retina berfungsi sebagai layar penangkap gambar (bayangan benda) yang dibawa oleh cahaya.
  6. Saraf mata
    Saraf mata terutama berfungsi untuk mneruskan rangsang cahaya yang telah diterima. Rangsang cahaya tersebut diteruskan ke susunan saraf pusat yang berada di otak.
Cara kerja mata: 
  • Cahaya memasuki mata melalui pupil
  • Lensa mata mengarahkan cahaya sehingga bayangan benda jatuh pada retina.
  • Ujung-ujung saraf penerima yang ada diretina menyampaikan bayangan benda itu ke otak.
  • Setelah diproses di otak, kita dapat melihat benda tersebut.

2 komentar:

  1. lengkep juga info mengenai organ matanya.....terima kasih

    BalasHapus
  2. Makasih mbah dinan dah mampir, salam blogger!

    BalasHapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com