Alat-alat optik yang membantu pengelihatan

Bayangan yang terjadi pada retina bersifat terbalik, diperkecil dan nyata. Kita dapat melihat suatu benda, jika benda tersebut memenatulkan cahaya dan cahaya pantul itu masuk ke dalam mata kita. Akan tetapi mata tidak akan melihat benda yang sangat kecil, misalnya bakteri atau benda yang letakya sangat jauh, misalnya planet-planet diluar angkasa. Oleh sebab itu, mata membutuhkan alat bantu. Alat bantu itu membutuhkan lensa. Ada dua jenis lensa, yakni lensa cekung dan lensa cembung. Semua alat yang membutuhkan lensa disebut alat optik. Berikut beberapa jenis optik:
  1. Kacamata
    Kacamata ber lensa digunakan untuk menolong penderita gangguan pengelihatan.
  2. Kaca pembesar (lup)
    Kaca pembesar atau lup merupakan mikroskop paling sederhana. Kaca pembesar terdiri atas sebuah lensa cembung. Alat ini berguna untuk melihat benda-benda yang kecil agar kelihatan lebih besar.
  3. Kamera
    Kamera atau alat pemotret adalah alat optik yang digunakan untuk membentuk gambar suatu benda. Di dalam kamera terdapat diafragma. Seperti pupil mata diafragma berguna untuk mengatur cahaya yang akan masuk ke dalam kamera.
  4. Mikroskop
    Mikroskop adalah alat optik yang berguna untuk mengamati benda-benda renik (sangat kecil), misalnya bakteri. Mikroskop terdiri atas dua lensa cembung. Lensa cembung yang terletak dekat benda disebut lensa objektif. Lensa cembung yang terletak dekat mata disebut lensa okuler.
  5. Teropong
    Teropong adalah alat optik yang digunakan untuk mengamati benda-benda yang letaknya sangat jauh, misalnya bintang, bulan dan planet-planet.
  6. Periskop
    Periskop adalah sejenis teropong dengan cermin datar yang biasa dipasang pada kapal selam untuk mengamati keadaan di permukaan laut. Periskop dibuat menggunakan prinsip pemantulan cahaya.
  7. Overhead Projector (OHP)
    Overhead projector digunakan pada benda tembus cahaya. Alat ini biasanya digunakan sebagai alat bantu mengajar, rapat atau seminar. Gambar atau tulisan dengan spidol pada plastik tembus cahaya dapat diproyeksikan pada layar.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com