Pengertian Energi

Apa itu energi? energi adalah kemampuan atau tenaga untuk melakukan usaha atau kerja. Sumber energi adalah sesuatu yang dapat menghasilkan energi. Sumber energi diantaranya:

  1. Matahari
  2. Air
  3. Minyak bumi
  4. Batu bara
  5. Gas
  6. Listrik
  7. Angin dan
  8. Mahluk hidup

Jenis-jenis energi:

  1. Energi panas (termal/kalor)
    Energi panas adalah energi yang dihasilkan dari benda yang menghasilkan panas. Contoh energi panas antara lain: Kompor, Matahari, dan Panas Bumi.
  2. Energi Bunyi
    Energi bunyi adalah energi yang dihasilkan dari benda yang bergetar. Contoh energi bunyi adalah: bunyi yang sangat keras dapat memecahkan kaca dan jendela, seperti bunyi petasan yang sangat keras.
  3. Energi Listrik
    Energi listrik adalah energi yang dihasilkan oleh arus listrik. Contoh energi listrik adalah: mobil listrik, setrika, dan mesin cuci.
  4. Energi Cahaya
    Cahaya adalah bentuk lain dari energi kinetik. Cahaya terbuat dari gelombang listrik dan magnetis. Cahaya dapat mengelilingi Bumi tujuh kali dalam sedetik.
    Contoh cahaya matahari dan lampu.
  5. Energi Gerak
    Energi gerak adalah energi yang tersimpan dan memiliki kemampuan atau potensi untuk digunakan nantinya. Energi potensial dibedakan menjadi lima kategori, yakni :
    1. Energi potensial gravitasi/posisional
    2. Energi potensial mekanis/pegas
    3. Energi potensial Listrik
    4. Energi potensial kimia
    5. Energi potensial nuklir

Hukum Kekayaan Energi
Hukum kekayaan energi:
Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, tetapi energi dapat diubah dari satu bentuk energi menjadi bentuk energi yang lain.

2 komentar:

  1. PT. Citra Nusantara Energi sebagai distributor Gas Alam sangat cocok digunakan di Industri maupun di alat transportasi pribadi atau umum. For more info klik http://cne.co.id/

    BalasHapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com