Pengaruh Angin Yang Merugikan

Berikut ini beberapa pengaruh angin yang sangat merugikan bagi manusia:
  1. Angin yang sangat kencang dan terus menerus  dan dapat mengikis permukaan tanah. Pengikisan tanah oleh angin disebut korasi atau deflasi. Erosi oleh angin  banyak terjadi di daerah gurun atau daerah kering.
  2. Angin yang sangat kencang dapat menumbangkan bangunan dan pepohonan sehingga dapat menimbulkan  korban. Berikut adalah beberapa istilah angin kencang dan merusak yang bertiup di dejumlah daerah di Indonesia.
    1. Angin bahorok sering merusak tanaman tembakau di Deli , Sumatra Utara.
    2. Angin kumbang bertiup di Tegal dan Cirebon.
    3. Angin gending bertiup di Pasuruan dan Probolinggo.
    4. Angin brubu bertiup di Makasar.
  3. Badai adalah angin yang sangat kencang dengan diameter pusaran mencapai ratusan kilometer. Badai hanya terbentuk dalam kondisi sangat hangat dan lembap, biasanya diatas laut kawasan tropis dekat khatulistiwa.
  4. Tornado jauh  kecil dari pada badai, namun bisa jadi lebih berbahaya. Tornado terbentuk selama badai petir yang dahsyat berlangsung, ketika udara panas yang bergerak cepat keatas bertemu dengan udara dingin yang bergerak ke bawah. Badai bisa berlangsung selama 10 hari, namnun kebanyakan tornado hanya berlangsung beberapa menit. Tornado melemah dan menghilang saat udara di dalamnya mendingin dan tekanan menjadi seimbang.

2 komentar:

  1. Serem loh akhir-akhir seringkali tiba-tiba muncul angin besar ..., sekitar 3 hari lalu beberapa rumah di Mungkid kabupaten Magelang sampai rusak parah diterjang angin badai.

    Lebih baik hindari dulu bepergian jauh kalau ngga penting2 amat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mas Himawan, di daerah saya juga sering keluar angin secara tiba tiba, so kita harus lebih berhati-hari agar tdk terjadi apa-apa

      Hapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com