Macam-macam Gerak Benda

Materi IPA Kelas 3 SD, Macam-macam gerak Benda - Gerak pada benda antara lain gerak jatuh, mengalir, memantul, menggelinding, dan berputar.
  1. Gerak jatuh
    Benda dikatakan jatuh apabila kedudukannya atau letaknya berubah dari atas ke bawah. Semua benda yang ada di bumi pasti akan jatuh ke bumi. Hal tersebut disebabkan oleh adanya gaya gravitasi atau gaya tarik bumi.
  2. Gerak mengalir
    Gerak mengalir terjadi pada benda cair dan gas. Benda cair mengalir dari tempat tinggi ke tempat lebih rendah. Contohnya air sungi yang mengalir ke hulu ke hilir.
  3. Gerak menggelinding
    Gerak menggelinding adalah gerak berputar yang menyebabkan kedudukan benda berubah. Suatu benda disebut menggelinding jika benda tersebut berbentuk bola atau lingkaran. Jika benda tidak berbentuk bola atau lingkaran, geraknya disebut meluncur.
  4. Gerak berputar
    Pernahkah kamu melihat kincir angin? Bagaimana gerakannya? Pernahkah kamu menggunakan kipas angin saat udara di dalam rumahmu terasa panas? Bagaimanakah gerakannya? Gerakan pada kincir angin dan kipas angin dinamakan berputar. Gerak berputar adalah gerak melingkar suatu benda yang berpusat pada sumbu atau porosnya.
  5. Gerak memantul
    Pernahkah kalian melemparkan bola ke arah dinding? Bagaimana arah bola setelah mengenai dinding? Setelah membentur dinding, bola akan kembali kepadamu, bukan? Gerakan itulah yang disebut gerak memantul.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com