Ciri-ciri khusus hewan

Ciri-ciri khusus hewan - Makhluk hidup mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan jenis lain. Mereka memiliki bentuk penyesuaian diri yang merupakan cara untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Bentuk penyesuaian diri itu bisa berupa bentuk cakar, bentuk paruh, kepekaan terhadap suara, getah buah yang masih mentah, bentuk daun, bentuk batang, dan duri.
Hewan tertentu mempunyai bentuk penyesuaian diri yang dapat dilihat dengan jelas dengan mata telanjang. Tahukah kamu ciri-ciri khusus apa yang dimiliki oleh kelelawar, cicak, bebek, unta, dan beruang kutub?
  1. Kelelawar
    Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang dapat terbang. Kelelawar mempunyai selaput tipis mudah robek yang dapat dibentangkan. Binatang ini beraktivitas dan mencari makan pada malam hari. Ada jenis kelelawar pemakan serangga. Ada pula jenis kelelawar pemakan buahbuahan. Lalu, bagaimana ia mencari makan atau menangkap mangsanya? Kelelawar pemakan serangga mempunyai penglihatan sangat terbatas. Kelelawar pemakan serangga memiliki sistem radar. Sistem radar ini mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya yang disebut sonar.Ia mengetahui tempat mangsanya berada melalui sistem radar tersebut.
    Cara mencari mangsa dengan menggunakan sistem radar disebut ekolokasi. Jadi, ekolokasi merupakan cara kelelawar untuk beradaptasi dengan lingkungan hidupnya.
    Ketika terbang, kelelawar mengeluarkan suara-suara yang tidak terdengar oleh manusia. Jika menabrak benda atau mangsanya, gelombang suara ini akan terpantul kembali ke arah kelelawar. Pantulan tersebut membuat kelelawar mengenal, memburu, dan akhirnya menangkap mangsa dalam gelap.
    Lain halnya dengan kelelawar pemakan buah. Jenis kelelawar ini memiliki penglihatan yang lebih bagus, sehingga tidak memerlukan pantulan gelombang suara. Kelelawar pemakan buah adalah penerbang yang lambat, memiliki lidah yang panjang dan kasar.
    Ciri khusus kelelawar itu digunakan untuk bertahan hidup di lingkungannya, yaitu kehidupan malam yang gelap. Jika kelelawar keluar pada siang hari, ia akan lebih mudah untuk ditangkap oleh pemburu atau oleh mangsanya. Kelelawar telah beradaptasi dengan gelap malam. Siang hari digunakan kelelawar untuk beristirahat.
  2. Cicak
    Tentu kamu sering melihat cicak merayap di dinding rumahmu. Bagaimana cicak itu dapat merayap di dinding dan tidak jatuh? Apakah makanan cicak? Bagaimana mereka beradaptasi?
    Seekor cicak memiliki ciri-ciri khusus untuk hidup di lingkungannya.
    Ciri-ciri khusus tersebut adalah sebagai berikut.
    1. Kaki cicak tertutup oleh kulit tipis berlapis bulu halus yang dapat melekat sehingga mereka dapat merayap di dinding tanpa takut jatuh.
    2. Cicak mempunyai lidah yang dapat dijulurkan dan mengandung alat perekat untuk menangkap mangsa.
    3. Badan cicak panjang dan ramping sehingga memudahkan untuk bergerak.
    4. Cicak melepaskan ekornya bila dalam keadaan bahaya. 
      Dengan mengalihkan perhatian musuh-nya, cicak dapat melepaskan diri. Musuhnya akan terkecoh dan hanya mendapatkan ekornya. Ekor cicak ini dapat tumbuh kembali, namun lebih pendek dan lebih lebar dari ekor sebelumnya.
  3. Bebek
    Bebek adalah jenis unggas yang mencari makan di daerah perairan.
    Bagaimana bentuk penyesuaian diri yang dipunyai bebek untuk bertahan hidup? Bagaimana bentuk paruh dan kaki bebek yang digunakan untuk mencari makanannya?
    Bebek mempunyai bentuk paruh yang pipih. Paruh pipih digunakan untuk menyaring makanan dari lumpur. Kaki bebek memiliki selaput yang berguna untuk mendayung ketika berenang.
  4. Unta
    Di manakah unta hidup? Di padang pasir, bukan? Padang pasir merupakan tempat yang kering dan panas di siang hari. Pada malam hari udara sangat dingin. Untuk dapat bertahan hidup, unta dan semua makhluk hidup yang berada di padang gurun memiliki tubuh dan cara hidup yang sudah teradaptasi dengan keadaan seperti itu.
    Bentuk dan susunan tubuh unta sesuai dengan lingkungan padang pasir. Unta tahan terhadap kekeringan. Unta mampu menyimpan air dalam tubuhnya dan dapat bertahan hidup tanpa minum air dalam waktu yang lama. Unta mampu minum sekitar 57 liter air sekali minum. Air tersebut masuk ke seluruh tubuhnya dan sebagian disimpan. Unta mengeluarkan sedikit urine, feses kering, dan mengeluarkan banyak keringat.
  5. Beruang kutub
    Tentu kamu pernah mendengar tentang Kutub Utara dan Selatan! Daerah tersebut selalu ditutupi salju. Suhu terendah di Kutub Selatan mencapai –90O C. Tentu sangat dingin, bukan? Adakah makhluk hidup yang tinggal di sana?
    Beruang kutub adalah salah satu hewan yang mampu hidup di sana.
    Bagaimana beruang itu dapat bertahan di lingkungan sangat dingin tersebut? 
    Adakah ciri khusus yang dimilikinya? Ternyata, beruang kutub mempunyai lapisan lemak sangat tebal. Lapisan lemak berguna untuk melindungi tubuhnya dari udara dingin. Tubuhnya juga tertutup rambut yang sangat tebal. Tubuhnya ditutupi rambut putih agar tersamar dengan salju. Hal ini berguna untuk melindungi diri dari sergapan musuhnya.
    Beruang kutub juga mengeluarkan banyak urine. Beruang dan hewan lain yang hidup di daerah kutub melakukan hibernasi. Hibernasi adalah beristirahat atau tidur dalam keadaan dingin. Hibernasi merupakan bentuk penyesuaian diri terhadap perilaku yang dilakukan hewan kutub untuk melindungi diri dari keadaan dingin.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com