Kegunaan Air Mengalir

Kegunaan Air Mengalir - Jika kamu sedang berada di dekat selokan atau sungai yang airnya mengalir, kamu dapat melihat benda di permukaan air juga ikut bergerak. Air mengalir dapat menggerakan benda yang ada di atasnya. 
Air mengalir juga dapat menggerakan benda atau menerjang benda yang ada di depannya. Apa buktinya? Jika kamu emnyiramkan air ke kotoran lantai, amaka kotoran itu terbawa aliran air. Lantai pun menjadi bersih. Jika kamu menyiramkan air ke kincir air, amak kincir air pun berputar. Nah, kamu boleh merancang percobaan untuk menguji hal itu.
Air yang bergerak dapat memberi manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Gerakan air dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran. Gerakan air juga dimanfaatkan untuk olahraga air. Selain itu, gerakan air yang sangat deras dan besar digunakan sebagai pembangkit listrik. Pembangkit listrik yang dihasilkan oleh tenaga air disebut PLTA. Misalnya PLTA Jatiluhur.
Air mengalir digunakan untuk membersihkan kotoran, misalnya untuk mandi, mencuci piring, dan mencuci kendaraan. Semakin kencang aliran air, semakin mudah benda kotor menjadi bersih.
Air mengalir dimanfaatkan untuk menggerakan rakit dan perahu. Misalnya penduduk yang tinggal didekat aliran sungai dapat bepergian menggunakan rakit dan perahu.
Aliran air yang amat banyak dan deras dimanfaatkan untuk memutar turbin, yaitu benda seperti kincir air yang sangat besar. Putaran turbin akan memutar generator, yaitu mesin yang dapat menghasilkan energi listrik. Dengan berputarnya generator, energi listrik dapat dihasilkan. Energi lstrik digunakan sebagai sumber tenaga yang sangat kita butuhkan.
Gerakan air dimanfaatkan untuk olahraga arum jeram. Arum jeram memanfaatkan gerakan air yang sangat deras diantara batu-batu besar. Arus air yang sangat deras itu dapat menghempaskan dan mengangkat perahu. Hal ini menghasilkan keasyikan tersendiri bagi orang yang berada diatas perahu. Olahraga ini memberikan tantangan besar, dan memacu adrenalin. 
Gerakan air juga dimanfaatkan untuk olahraga berselancar. Olahraga ini memanfaatkan gelombang air laut yang tinggi, misalnya di pantai Kuta-Bali. Alat yang dibutuhkan untuk olahraga ini adalah papan seluncur.

2 komentar:

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com