Susunan Darah Pada Manusia

Darah sangat penting bagi proses metabolisme tubuh kita. Peredaran darah keseluruhan tubuhdipompa oleh jantung. Darah mengalir melalui pembuluh-pembuluh darah yang terbesar diseluruh tubuh kita.
A.Susunan Darah
Darah berbentuk cairan berwarna merah, agak kental dan lengket. Darah mengalir ke seluruh tubuh, dan berhubungan langsung dengan sel-sel di dalam tubuh kita. Darah terbentuk dari beberapa unsur, yaitu plasma darah, sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah.
  1. Plasma darah
    Plasma darah merupakan komponen terbesar dalam darah, karena lebih dari sepuluh, darah mengandung plasma darah. Hampir 90% bagian plasma darah adalah air.
    fungsi plasma darah adalah:
    1. Mengangkut sari makanan ke sel-sel serta membawa sisa pembakaran dari sel ke tempat pembuangan.
    2. Menghasilkan zat kekebalan tubuh terhadap penyakit atau zat antibodi.
  2. Sel Darah Merah (Eritrosit)
    Sel darah merah banyak mengadung haemoglobin. Darah berwarna merah sebab haemoglobin berwarna merah tua. Sel darah merah dihasilkan dilimpa atau kura, hati dan sumsum merah pada tulang pipih. Sel darah merah yang sudah  mati dihancurkan di dalam hati.
  3. Sel darah putih (Leukosit)
    Sel darah putih bentuknya tidak tetap. Sel darah putih dibuat disumsum merah, kura dan kelenjar limpa. Fungsinya sangat penting. Yaitu untuk memberantas kuman-kuman penyakit.
  4. Keping darah (Trombosit)
    Keping darah merah bentuknya tidak teratur dan tidak mempunyai inti. Diproduksi pada sumsu merah. Serta berperan penting pada proses pembekuan darah.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com