Penghantaran Panas

Panas dapat dihantarkan atau berindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cara radiasi, konveksi dan konduksi.

  1. Radiasi adalah perpindahan panas tanpa zat perantara. Matahari memancarkan panasnya sampai ke bumi melalui ruang hampa. Di ruang hampa tidak ada zat yang dapat dilalui dan juga tidak ada zat yang dapat mengalir. Panas matahari sampai ke bumi secara langsung atau secara pancaran tanpa zat perantara.
  2. Konveksi adalah perpindahan panas karena perpindahan zat. Peristiwa konveksi (aliran zat) terjadi pada perubahan suhu suatu zat. Zat cair/gas yang terkena panas molekul=molekulnya bertambah besar dan beratnya tetap, sehingga akan bergerak ke atas. Gerakan keatas ini akan diikuti oleh ggerakan zat lain secara terus menerus sehingga terjadi aliran zat karena panas. Dari peristiwa aliran inilah, maka panas dapat merambat secara konveksi.
  3. Konduski adalah perpindahan panas melalui benda padat. Benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut konduktor. Pada umumnya konduktor terbuat dari logam. Benda yang sukar menghantarkan panas disebut isolator. Pada peristiwa konduksi, panas mengalir melalui molekul-molekul zat tanpa memindahkan atau menggerakan molekul zat itu. Benda padat memiliki kemampuan merambatnya panas secara konduksi yang berbeda-beda.

4 komentar:

  1. Kalau ini sih kang pelajaran waktu saya masih sekolah dan alhamdulillah membekas kang dari dulu sampai sekarang.

    BalasHapus
  2. ini termasuk pelajaran fisika yah? saya kalau saya kurang tahu pak guru karena dulu saya masuk sekolah ke smk jadi ngga diajarin Fisika hehee :(

    BalasHapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com