Perkembangbiakan Pada Manusia

Bagaimana perkembangbiakan pada manusia? Apakah sama dengan makhluk lainnya? Tuhan menciptakan manusia dua jenis yaitu laki-laki dan perempuan. Keturunan diperoleh melalui suatu perkawinan antara lakilaki dan perempuan.
Alat reproduksi laki-laki terdiri dari penis, skrotum, testis, epidermis, dan vasdeferens.
Adapun alat reproduksi perempuan terdiri dari vagina, ovarium, tuba falopi, dan uterus. Alat reproduksi laki-laki menghasilkan sperma. Sedangkan alat reproduksi perempuan menghasulkan sel telur. Kehamilan dapat terjadi jika sel telur dibuahi sperma. Pembuahan terjadi di tuba falopi. Hasil pembuahan adalah zigot. Zigot berkembang menjadi embrio dan berada di rahim. Rahim berkembang menjadi janin. Setelah kurang lebih sembilan bulan janin siap dilahirkan ke dunia.

Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi
Kesehatan merupakan hal penting yang harus dijaga oleh setiap manusia. Tidak hanya kesehatan badan yang harus dijaga, tetapi organ reproduksi juga perlu dijaga kesehatannya.
Untuk menjaga kesehatan tubuh, kamu dapat merawatnya dengan mandi dua kali sehari. Bersihkan organ reproduksi setelah buang air kecil maupun buang air besar dengan air bersih. Kemudian lap hingga kering. Gantilah celana dalam setiap hari. Celana dalam yang baik adalah yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat. Jangan menggunakan celana yang terlalu ketat karena dapat menggangu organ reproduksi. Perempuan perlu perawatan ekstra karena mengalami haid. Saat mengalami haid harus sering mengganti pembalut agar organ reproduksi tidak
ditumbuhi jamur dan terjadi iritasi pada kulit.

10 komentar:

  1. terim kasih kang,jdi tambah wawasan tentang reproduksi,kok gambarnya gak ada ya yang detail :D

    BalasHapus
  2. jadi semangat belajar biologi lagi nih mas, wah mantab deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Purnama biasanya para guru sok membutuhkan yang seperti ini!

      Hapus
  3. Kalau membaca artikelnya kok saya jadi ngeres,
    Ngeres apanya coba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang heboh lagi anak-anak kalau sedang diterangin yg satu ini pada ketawa terus gan!

      Hapus
  4. Penjelasan tentang asal kejadian manusia kalau dibahas secara biologi, memang sedikit agak gimana gitu..., karna di yg diomongin nyangkut ke alat reproduksi mas.... Tetapi bgaimanpun juga hal ini tetap harus di ketahui... Termasuk menjaga kebersihanya... Cara2 berhubungan yg baik..... Oky tankyu mas artikelnya....sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas trik pos, makasih juga dah mampir

      Hapus
  5. Wah... ini informasi untuk orang dewasa ya Mas Dzaky... hehehe :D

    BalasHapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com