Perkembangbiakan Pada Hewan

Coba perhatikan kehidupan ayam. Induk ayam mengerami telurnya agar dapat menetas menjadi seekor anak ayam. Tujuan mengerami adalah agar telur selalu dalam keadaan hangat. Suhu yang terlalu dingin akan mengganggu perkembangan embrio atau calon anak dalam telur. Gangguan ini dapat menyebabkan kematian embrio sehingga telur tidak dapat menetas. Pada umumnya hewan jenis unggas mengerami telurnya agar dapat menetas.
Apakah selalu induk betina yang mengerami telur? Setiap unggas memiliki cara mengerami telur yang berbeda-beda. Sebagaimana kamu ketahui, ayam betina mengerami telur. Namun pada burung unta, burung jantan yang mengerami semua telurnya dalam satu sarang.
Lamanya waktu pengeraman setiap hewan berbeda-beda. Waktu mengerami untuk burung
yang berukuran kecil kurang lebih 11 hari.
Adapun burung yang besar, waktu yang diperlukan untuk mengerami telurnya adalah kurang lebih 80 hari. Sedangkan ayam mengerami telurnya selama 21 hari. Ayam berkembang biak dengan cara bertelur. Bagaimana dengan hewan lain? Coba kamu perhatikan hewan peliharaan di sekitarmu, misalnya kucing, anjing, dan kambing. Bagaimana cara mereka berkembang biak? Apakah mereka juga bertelur?

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com