Perkembangbiakan Jamur

Jamur adalah tumbuhan yang luar biasa. Jamur tidakmemiliki akar, batang maupun daun. Mereka tumbuh dengan sangat cepat hingga kita merasa dapat melihat dengan jelas pertumbuhannya. Nama lain dari jamur adalah fungi, yang artinya mereka tidak memiliki klorofil untuk menghasilkan makanannya sendiri.
Bagian pada jamur yang kita lihat muncul diatas permukaan tanah hanyalah bagiab 'buah' dari jamur tersebut. Bagian lain dari jamur ini tertanam di dalam tanah dalam bentuk benang-benang putih tebal yang semrawut. Benang-benang ini disebut miselium.

Benang-benang miselium ini tumbuh dari spora-spora kecil seperti debu yang terlepas dari jamur-jamur dewasa. Pada benang-benang ini, jaringan-jaringan seperti tombol berwarna keputih-putihan menguncup dan mendorong ke atas sampai akhirnya mencuat seperti bagian atas payung. Dibawah tutup payung ini terdapat rongga-rongga kecil yang tersusun berdekatan. Pada rongga-rongga inilah spora-spora kecil di hasilkan. Spora-spora itukemudian terlepas dari tempatnya dan tertiup oleh angin. Ketika spora-spora itu jatuh dipermukaan yang cocok untuk tumbuh, maka mulailah spora-spora itu berkembang menjadi tumbuhan-tumbuhan jamur baru.
Sumber : BukuDunia Hewan dan Tumbuhan : Armandelta

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com