Kecepatan Burung

Mungkin hal yang cukup mudah bagi kita untuk mengukur kecepatan kuda dan manusia yang sedang berlomba adu cepat, karena dalam perlombaan lari biasanya ada garis awal "start" dan garis akhir "finish". Hal yang sama akan terasa sulit kita lakukan  apabila kita berkeinginan untuk mengukur kecepatan seekor burung yang sedang terbang.
Banyak data telah dipublikasikan mengenai kecepatan  terbang berbagai jenis burung tetapi kebanyakan orang meragukan data tersebut.
Secara umum, semakin berat tubuh seekor burung, maka kecepatan terbang burung itu harus semakin cepat agar ia dapat tetap melayang di udara. Salah seorang peneliti burung mencatat bahwa seekor merpati dapat terbang dengan laju tercepat pada kecepatan 94,2 mil per jam.
Berikut ini beberapa data mengenai kecepatan terbang beberapa jenis burung. Burung rajawali pemburu dapat terbang dengan kecepatan antara 65 hingga 75 mil per jam dan hewan tercepat berikutnya adalah bebek yang dapat terbang dengan kecepatan 65 sampai 70 mil per jam. Burung layang-layang Eropa, burung plover dan burung dara dapat mencapai kecepatan 60 sampai 65 mil per jam, sementara burung madu (kolibi) dapat mencapai  kecepatan antara 55 sampai 60 mil per jam. Burung jalak dapat terbang dengan kecepatan 45 sampai 50mil per jam dan burung walet biasanya terbang dengan kecepatan rata-rata 25 mil per jam.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com