Cara Kerja Stomata

Stomata, atau mulut daun adalah lubang-lubang kecil pada daun tumbuhan, yang dapat tertutup dan terbuka. Ketika stomata terbuka, stomata membiarkan udara masuk dan mengeluarkan air. Ketika stomata tertutupair tidak dapat keluar dari daun.
Tumbuhan mnyerap air dari tanah melalui akar . Air in bergerak mealui batang ke daun-daun, dan sekitar 90 % menguap melalui stomata. Pohon-pohon besar kehilangan lebih dari 800 liter air dari daun-daunnya setiap hari.
Pelepasan air karena penguapan pada daun ini di sebut transpirasi. Proses lain pada tumbuhan yang melibatkan air termasuk fotosintetis, yang menggunakan air untuk membuat makanan, dan pernafasan, yang mendatangkan air. Ketika gelap, tumbuhan menghentikan fotosintesis pada malam hari dengan menutup stomata.

Transpirasi tumbuhan.
Setiap harinya, sebuah pohon besar kehilangan air sangat banyak, dan bahkan jumlah air itu dapat anda gunakan untuk mandi sebanyak delapan kali. Sekitar 99% air yang diserap oleh akar dilepaskan oleh daun-daun dalam proses transpirasi.

2 komentar:

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com