Mengenal Dunia Tumbuhan

Sekitar tiga tahun yang lalu hidup suatu jenis tumbuhan laut yang sangat kecil dan bersel satu. Tumbuhan itu mirip dengan gangang berwarna hijau yang kita kenal saat ini. Jadi, sebelum hewan pertama muncul, tumbuhan itu sudah terlebih dahulu hidup.
Tumbuhan itu tidak hidup di daratan kira-kira 400 juta tahun lalu. Karena air laut pasang tumbuhan itu terdampar di daratan dan berkembang biak. Setelah air laut yang membawa tumbuhan itu mengering, tumbuhan tersebut beradaptasi sehinga bisa tumbuh di darat. 
Para ahli bersepakat tumbuhan yang mirip dengan gangang itu merupakan tumbuhan yang pertama kali hidup di dunia. sebelum tumbuha-tumbuhan yang hidup di darat muncul, tanaman laut bersel satu itu sudah ada. Kemudian hiduplah tumbuhan-tumbuhan lain baik di darat maupun di laut.
Ada dua tumbuhan di beri julukan cooksonia. mungkin kamu belum pernah mendengar nama itu. cooksonia merupakan tumbuhan daratan pertama.cooksonia berentuk seperti jenis rumput pendek, tetapi hanya berupa tunas tanpa daun, bunga atau akar yang baik.
Pada awalnya, cooksonia tumbuh agak rendah di tanah, setelah berkembang biak, tumbuhan terus bertambah banyak dan berebut mendapat cahaya matahari, mereka pun tumbuh semakin tinggi mengikuti kebiasaan dalam pertumbuhanya untuk mendapatkan sinar matahari. kita mengenal lebih dari 400 ribu jenis tumbuhan di seluruh dunia. namun tidak kurang dari 25 ribu jenis tumbuhan di dunia terancam punah karena habitat alami merek di rusak.
Tumbuhan-tumbuhan itu sangat membantu manusia dalam melangsungkan kehidupanya. tanpa tumbuhan tak mungkin ada kehidupan di bumi. manusia dan hewan memerlukan tumbuhan sebagai sumber oksigen dan makanan. sangat di sayangkan, kalau alam ciptaan allah ini yang memberikan jasa besar bagi manusia di rusak oleh manusia itu sendiri.
by:Adit Alfian.mts.pws

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com