Sistem Pernapasan Hewan



Hewan mempunyai organ pernapasan yang berbeda-beda. macam-macam pernapasan hewan adalah paru-paru, insang, kulit atau trakea.
Berikut akan saya bahas sistem pernapasan pada beberapa jenis hewan :

  1. Burung
    Burung bernapas dengan paru-paru. Burung juga mempunyai organ pernapasan yang disebut pundi-pundi (kantong) udara. Pundi-pundi udara berguna untuk menyimpan udara yang digunakan pada saat terbang.
  2. Reptilia
    Reptilia bernafas dengan paru-paru. Hewan reptilia yang sering berkubang di air, misalnya buaya, lubang hidungnya dapat tertutup sewaktu menyelam. Tujuannya agar air tidak masuk ke dalam paru-paru. Contoh reptilia adalah ular,buaya, kadal, cecak dan biawak.
  3. Amfibi
    Katak dapat hidup di dua alam, yaitu di darat dan di air. Oleh karena itu kata disebut hewan amfibi.
    1. Katak muda atau berudu bernafas dengan insang
    2. Katak dewasa bernapas dengan paru-paru dan kulit. Oleh karena itu, kulit katak selalu kelihatan basah. Melalui kulit katak yang basah itu, katak mengikat oksigen.
  4. Ikan
    Ikan bernafas dengan insang yang berjumlah 4 pasang.
  5. Serangga
    Serangga bernapas dengan trakea. Contohnya adalah nyamuk, belalang, lalat, rayap, dan kupu-kupu.
    1. Trakea adalah pembuluh-pembuluh halus yang bercabang yang memenuhi seluruh bagian tubuh serangga dan bermuara pada stigma.
    2. Stigma ialah lubang (corong) yang terletak di sisi tubuh bagian kanan kiri. Stigma berfungsi sebagai jalan keluar dan masuknya udara. Oksigen tidak diedarkan melalui darah, tetapi diedarkan oleh sistem trakea.
  6. Cacing
    Cacing bernapas melalui permukaan kulit tubuhnya yang basah. Kulit yang basah mempermudah masuknya oksigen dan keluarnya karbon dioksida.
  7. Mamalia
    Mamalia bernapas dengan paru-paru. Hewan yang termasuk golongan mamalia adalah hewan yang menyusui anaknya. Contoh mamalia adalah kucing, harimau, gajah, kelinci, tikus, limba-lumba dan paus. Organ pernapasan mamalia sama dengan manusia.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com