Sistem Perkembangbiakan Hewan


Berikut ini akan kami paparkan sistem perkembangbiakan pada hewan.
  1. Cara hewan berkembangbiak
    Hewan berkembangbiak dengan tujuan untuk melestarikan jenisnya. Perkembangbiakan hewan dapat melalui beberapa proses diantaranya:
    1. Bertunas
      Bertunas merupakan cara perkembangbiakan hewan tanpa melalui proses perkawinan. Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertunasa dalah Hydra.
    2. Bertelur
      Jenis hewan yang berkembangbiak dengan bertelur adalah burung, ikan, serangga, dan amfibi. Cara berkembangbiak dengan bertelur disebut ovipar. Ovipar berasal dari kata ovum, yang berarti telur. Ada dua cara pembuahan pembuahan terhadap telur hewan, yaitu pembuahan dalam dan pembuahan luar. Pembuahan dalam terjadi di dalam tubuh hewan betina, misalnya pada golongan burung dan serangga. Pembuahan luar terjadi pada diluar tubuh hewan betina, misalnya pada katak dan ikan mas. Katak jantan membuahi telur setelah telur dikeluarkan dari tubuh katak betina. Seluruh proses pembuahan luar ini terjadi di air.
    3. Melahirkan
      Cara berkembang biak dengan cara melahirkan disebut vivivar. Hewan-hewan yang melahirkan anaknya antara lain kucing, sapi, harimau, lumba-lumba, pesut, dan paus. Setelah lahir, bayi hewan diberi makan dengan cara disusui. Hewan yang menyusui anaknya disebut mamalia (mammae=kelenjar susu)
    4. Bertelur melahirkan
      Cara berkembang biak dengan bertelur-melahirkan disebut ovovivar. Jenis  hewan yang berkembang biak dengan cara ini adalah golongan reptilia, yaitu beberapa jenis ular dan beberapa jenis kadal.
  2. Perbedaan Ciri Hewan bertelur dan hewan melahirkan
    Hewan bertelur dan melahirkan memiliki perbedaan ciri:
    1. Hewan melahirkan mengalami masa mengandung. Hewan bertelur tidak mengalami masa mengandung
    2. Hewan melahirkan memiliki kelenjar susu sehingga dapat menyusui anaknya. Akan tetapi, ada pula hewan bertelur yang dapat menyusui, contohnya platipus.
      Platipus

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com