Ciri-ciri Tumbuhan Kantung Semar

Ciri khusus Kantong Semar
Kantung semar merupakan tumbuhan dalam kelompok monotipik, tumbuhan ini terdiri dari 130 spesies, banyak bukan? Tumbuhan ini termasuk dalam tumbuhan carnifora di lokasi tropis. Tumbuhan ini dapat tumbuh 15-20 meter dengan langkah memanjat tanaman lain.
Ciri umum tumbuhan kantung semar adalah sebagai berikut :

  1. termasuk tumbuhan pemakan serangga (insektivora)
  2. hidupnya di daerah dataran tinggi dan rawa-rawa
Adapun ciri khusus dari tumbuhan kantung semar adalah dia menangkap dan mencerna serangga sebagai sumber nitrogen. Tumbuhan ini hidup di daerah rawa yang kurang subur sehingga memangsa serangga untuk memperoleh nitrogen.
Kebanyakan spesies tumbuh di tempat dengan kelembaban tinggi dan cahaya dengan tingkat menengah hingga tinggi. Beberapa spesies seperti N. ampullaria tumbuh di tempat yang teduh dengan tidak terlalu banyak cahaya, sedangkan N. mirabilis tumbuh ditempat yang terbuka dengan cahaya yang berlimpah. Tanah tempat tumbuh nepenthes biasanya miskin hara dan asam. Beberapa spesies tumbuh di tempat yang sangat beracun bagi tanaman lain seperti N. rajah yang tumbuh pada tanah dengan kandungan logam berat dan N. albomarginata yang tumbuh pada pantai berpasir di zona yang terkena siraman air laut, beberapa spesies tumbuh epifit seperti N. inermis yang tumbuh tanpa bersentuhan dengan tanah.

1 komentar:

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com